KUBAH KUBAH PALING TERKENAL DI DUNIA


Kubah adalah struktur hemispherical biasanya membentuk langit-langit atau atap. Struktur Kubah yang terbuat dari berbagai bahan telah digunakan sepanjang sejarah oleh peradaban yang berbeda. Di dunia timur kuno, kubah dibuat sebagai makam dari gundukan padat. Inuit di Kutub Utara membuat igloo mereka dari blok salju yang dipadatkan, umumnya dalam bentuk kubah.
Kubah menjadi signifikan secara teknis dengan dikenalkannya kubah batu skala besar oleh orang Romawi kuno. Kekaisaran Sassanid memprakarsai pembangunan skala besar kubah pertama di Persia. Dan kubah juga menjadi kembali populer di Eropa selama periode Renaissance dan Baroque menghasilkan beberapa kubah yang paling terkenal di dunia. Dan inilah kubah-kubah yang terkenal di dunia seperti yang dikutip dari versesofuniverse.blogspot.com

United States Capitol

Terletak di atas Capitol Hill di Washington DC, gedung Capitol adalah tempat pertemuan dari anggota Kongres se Amerika Serikat. Kongres pertama di Capitol pada 17 November 1800, meskipun saat itu bangunan tersebut masih belum lengkap. Kubah cor diatas Capitol sekarang bukanlah kubah pertama yang menjulang di atas gedung, tapi yang kedua. Kubah pertama diganti setelah Capitol diperluas pada tahun 1850-an untuk mengakomodasi meningkatnya jumlah legislator dari negara-negara bagian yang baru masuk menjadi anggota.

St. Paul’s Cathedral

Dibangun pada abad ke-17, Katedral St Paulus adalah salah satu pemandangan London paling terkenal dan paling dikenal. Katedral ini secara heroik diselamatkan oleh petugas pemadam kebakaran ketika dibom selama Perang Dunia Kedua. Kubahnya yang mengesankan terinspirasi dari Basilika St Petrus di Roma dan kubah ini tingginya 108 meter (365 kaki) sampai ke puncaknya

Great Stupa at Sanchi 

Stupa Besar di Sanchi merupakan struktur batu tertua di India dan awalnya pembangunan stupa ini atas perintah Kaisar Asoka pada abad ke-3 SM. Bangunan Utamanya adalah batu kubah sederhana, yang konon dibangun di atas relik Buddha. Stupa diperluas satu abad kemudian dengan lempengan batu hampir dua kali ukuran aslinya. Kubah itu diratakan di dekat bagian atas dan dimahkotai oleh tiga payung yang berada didalam pagar persegi.

Proyek Eden

Terletak di Cornwall, Proyek Eden adalah rumah kaca terbesar di dunia. Proyek ini butuh waktu 2 ½ tahun untuk membangunnya dan dibuka untuk umum pada tahun 2001. Proyek Eden didominasi oleh dua selungkup yang terdiri dari kubah besar yang berdampingan. Dua selungkup ini adalah rumah spesies tanaman dari seluruh dunia. Selungkup pertama mengemulasi lingkungan tropis, dan yang kedua untuk lingkungan Mediterania. Kubah-kubah terdiri dari ratusan heksagonal dan pentagonal, dari sel plastik yang didukung oleh rangka baja.

Lotfollah Mosque 

Dibangun pada awal abad 16, Masjid Lotfollah (atau Masjid Syekh LotfAllah) di Isfahan, Iran, adalah salah satu karya arsitektural dari para arsitektur Persia. Masjid ini dibangun untuk menjadi masjid anggota keluarga kerajaan, Tidak seperti Masjid Syah (lihat di bawah), yang dibangun untuk publik. Karena alasan inilah, masjid ini tidak memiliki menara dan ukurannya lebih kecil. Sepanjang sejarah, Kubah Masjid Lotfollah sering digunakan sebagai acuan untuk pembangunan kubah-kubah masjid lainnya karena keindahannya.

Reichstag 

Reichstag awalnya diselesaikan pada tahun 1894 untuk memenuhi kebutuhan dari Kekaisaran baru Jerman bersatu untuk membangun parlemen yang lebih besar. Arsitek, Paul Wallot, membangun Reichstag menyerupai istana Renaissance. Pada tahun 1933 bangunan itu rusak parah dalam kebakaran yang dibuat oleh seorang komunis Belanda, sebuah peristiwa yang dieksploitasi oleh Nazi. Setelah reunifikasi Jerman, gedung ini sekarang menjadi tempat pertemuan parlemen Jerman modern, Bundestag. Reichstag telah mengalami banyak renovasi dan perubahan, seperti Penambahan kubah kaca yang spektakuler yang dirancang oleh arsitek Inggris Norman Foster. Kubah memiliki pandangan 360 derajat yang spektakuler dari pemandangan kota Berlin sekitarnya.

Santa Maria del Fiore

Mulai dibangun dengan gaya Gothic pada tahun 1296 dan selesai pada tahun 1436, Basilica Santa Maria del Fiore adalah katedral indah di Florence dan menjadi simbol kota. Basilika ini merupakan salah satu gereja terbesar di Italia, dan sampai era modern, kubahnya dikenal sebagai kubah terbesar di dunia.

Shah Mosque

Masjid Shah (atau Masjid Imam) di Isfahan Iran, dianggap sebagai salah satu karya Arsitektur Persia. Pembangunannya dimulai pada tahun 1611, dan kemegahannya terutama karena keindahan mosaik ubin tujuh warna dan prasasti kaligrafi. Dinasti Safavid memulai kebangkitan dalam pembangunan kubah Persia dan kubah Masjid Shah menjadi kubah yang tertinggi di Isfahan mencapai ketinggian 53 meter (74 kaki). Fitur yang berbeda dari kubah Persia lainnya adalah ubin warna-warni, yang menutupi bagian luar kubah, menjadikan kubah itu seakan akan bagian dari interior masjid.

Pantheon

Pantheon di Roma dibangun pada tahun 126 AD sebagai kuil untuk semua dewa Romawi dan menjadi Gereja Katolik Roma sejak abad ke-7. Diatas Kuil terdapat kubah beton dengan pembukaan pusat: atau disebut oculus. Hampir dua ribu tahun setelah kuil ini dibangun, kubah Pantheon yang terkenal masih menjadi kubah beton terbesar di dunia.

St. Peter’s Basilica

Pembangunan Basilika St Petrus di Roma dimulai pada tahun 1506 dan selesai pada tahun 1615. Arsitek dari Santo Petrus mencari solusi bagaimana membangun kubah yang terbesar dikalangan kristen dengan melihat kubah-kubah terkenal Pantheon dan Florence Duomo. Pada tahun 1547 Michelangelo mendesain ulang kubah ini. Kubah Santo Petrus menjulang sampai ketinggian totalnya mencapai 136,57 meter (448,1 kaki) dari lantai basilika ke atas salib eksternal menjadikannya sebagai kubah tertinggi di dunia.

Hagia Sophia 

Berasal dari abad keenam, Hagia Sophia di Istanbul pada awalnya adalah Katedral Konstantinopel tetapi menjadi sebuah masjid di abad ke-15 ketika Ottoman menaklukkan kota. Hagia Sophia sekarang menjadi museum. Sebuah Masterpiece dari teknik arsitektur bangsa Romawi. Kubah besar (tinggi 31 meter dan diameter 102 meter) menutupi ruang dan selama lebih dari 1000 tahun menjadi ruang tertutup terbesar di dunia.

Taj Mahal

Taj Mahal adalah sebuah makam besar dari marmer putih, dibangun antara 1632 dan 1653 atas perintah Kaisar Mughal, Shah Jahan untuk mengenang istri kesayangannya. Fitur yang paling spektakuler dari Taj Mahal adalah kubah marmer diatas makam. Ketinggian kubah sekitar 35 meter (115 kaki) adalah hampir sama dengan panjang bangunan dasar. Bagian atas kubah dihiasi dengan desain teratai. Sebenarnya ada bangunan lain di India yang juga mirip dengan taj mahal, hanya lebih kecil, seperti yang dapat dibaca disini

Saint Basil’s Cathedral

Katedral St Basil terkenal karena warna-warninya di Moskow dibangun antara tahun 1534 dan 1561 atas perintah Ivan the Terrible untuk memperingati kemenangannya atas Kazan Tatar dan Astrakhan. Desain bangunan sangat unik karena tidak memiliki analog dengan arsitektur Rusia dan juga tidak ada yang serupa yang dapat ditemukan dalam tradisi Bizantium sebelum pembangunan katedral. Katedral Santo Basil memiliki 9 kubah onion, yang setelahnya menjadi trend bentuk kubah gereja-gerja di Rusia lainnya.

Dome of the Rock 

Awalnya selesai pada 691 AD, Dome of Rock adalah salah satu prestasi awal arsitektur Islam yang paling dikenal. Terletak di Temple Mount, Dome of Rock berdiri di salah satu situs keagamaan yang paling diperebutkan di dunia. Dome of the Rock bukan sebuah masjid, tetapi sebuah bangunan yang didalamnya terdapat sebuah batu suci. Dome of Rock mungkin bangunan paling spektakuler di Kota Tua Jerusalem, beratapkan kubah emas menyilaukan jika terlihat dari kejauhan, dengan interior berlapis keramik berkilauan, mosaik dan kaligrafi Arab. Selengkapnya tentang dome of rock dan masjidil aqsa dapat dibaca disini

Powered by Blogger.