Kebiasaan yang membuat pria sulit punya keturunan

Wanita kerap jadi sasaran tuduhan mandul, jika sebuah keluarga belum dikaruniai keturunan. Padahal pria juga punya kemungkinan mengalami ketidaksuburan atau bahkan mandul. Prosentasenya 50 : 50 jika tidak istrinya yang kurang subur, maka pasti suaminya yang bermasalah.
Apalagi jika kaum pria sering melakukan kebiasaan berikut ini, yang berdampak pada kurangnya kualitas sperma dalam membuahi sel telur. Bagaimanapun, yang aktif menghampiri sel telur adalah sperma yang sehat, bukan?
Pernyataan dari profesor di NYU Medical Center bernama Joseph Alukal ini menyebut apa saja kebiasaan buruk yang dapat memperparah kesuburan seorang pria. Dilansir oleh laman Women’s Health Mag, ini beberapa kebiasaan buruk tersebut:
  • Ponsel di saku celana
Menyimpan ponsel di saku celana memang praktis. Namun radiasi ponsel yang terus menyala dapat membuat kualitas sperma menurun. Dalam jangka panjang bisa membuat Anda kurang subur. Lebih baik meletakkan ponsel di tas atau menentengnya saja.
  • Stres
Stres berpengaruh terhadap banyak sisi kesehatan manusia, termasuk juga pada kesuburan reproduksi. Makin sering Anda mengalami stres, membiarkannya berlarut-larut, maka tak hanya kondisi kesuburan yang terganggu. Namun bentuk sperma juga disebut akan menjadi abnormal.
  • Rokok
Rokok juga penyebab seorang pria mengalami gangguan kesuburan. Beraneka racun yang dikandung rokok bisa menurunkan kualitas sperma bahkan memicu impotensi.
  • Kegemukan
Sekilas mungkin Anda merasa bahwa kegemukan tak berakibat banyak pada kesuburan Anda. Namun penelitian menemukan bahwa obesitas dapat memicu problem seksual seperti ejakulasi dini, disfungsi ereksi, dan lainnya.
  • Berendam air panas
Suhu yang terlalu jauh di atas suhu testis, dapat membuat kualitas sperma menurun drastis atau malah membunuh sperma. Misalnya saat Anda mandi sauna, berendam air panas, memangku laptop, dan berbagai kebiasaan yang serupa.
Powered by Blogger.