Apa Itu Pengertian Limbah Domestik




  •  
     
     
     
     
    Limbah adalah permasalahan setiap negara. Sebuah penelitian menyebutkan bahwa 85% aktivitas manusia di muka bumi ini selalu menghasilkan sampah. Bila tidak ditangani dengan serius, masalah limbahini akan menjadi isu global yang bisa menjadi masalah bagi manusia di muka bumi ini. Dari sekian jenis limbah, tentu diantara kita sering mendengar istilah limbah domestik. Sebenarnya, apa itu limbah domestik?
     
    Berdasarkan asalnya, limbah dibedakan menjadi 3, yaitu: limbah pertanian, limbah pabrik, dan limbah domestik. Limbah pertanian biasanya berasal dari pemakaian pestisida ataupun insektisidan pertanian. Sedangkan limbah pabrik atau yang juga disebut dengan limbah industri adalah limbah yangg dihasilkan sebagai akibat dari sebuah proses produksi. Limbah domestik sendiri sering disebut dengan limbah rumah tangga karena limbah domestik merupakan limbah yang berasal dari rumah tangga.
     
    Pada limbah domestik, dibedakan menjadi 2 berdasarkan bentuknya, yaitu limbah domestik cair dan limbah domestiik padat. Limbah domestik cair biasanya berupa air bekas cucian yang mengandung detergen, air bekas mandi yng mengandung sabun, minyak goreng bekas, dll. Sedangkan limbah domestik padat bisa berupa sisa sayur, sisa makanan, dll. Belum lagi bila sebuaha rumah tangga sedanga mengadakan sebuah acara, bisa dipastikan jumlah sampah domestik yang dihasilkan meningkat sampai berlipat - lipat.
     
    Limba domestik menjadi permasalahan pelik bagi sejumlah kota besar yang padat penduduknya seperti Jakarta, Surabaya, Medan, dll. Pemerintah setempat tentu sudah menggalakkan pemisahan sampah berdasarkan jenisnya. Biasanya disediakan 2 tempat sampah yang berbeda, yaitu untuk sampah basah dan untuk sampah kering. Dengan dipisahkannya sampah bassah dan sampah keringg diharapkan akan lebih mudah dalam melakukan daur ulang sehingga bisa mengurangi jumlah sampah domestik yang jumllahnya semakin menggunung 


    Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
     
    DAPATKAN ARTIKEL TERBARU DI FACEBOOK.GABUNG DI KOMUNITAS KITA (BLOGNYA SI JAIT) LAPAK INFO
    FOLLOW JUGA : @LAPAK_INFO