Inilah Cara Mengirim Surat Lamaran Kerja Lewat Email



  • Cara Mengirim Surat Lamaran Kerja Lewat Email - Pada tulisan lalu sudah dibahas secara lengkap tentang contoh surat lamaran kerja di blog lapak info. Untuk melanjutkan tulisan tersebut, maka pada kesempatan ini akan dipublikasikan kembali cara mengirim surat lamaran kerja lewat email.

    Hal-hal yang perlu diperhatikan ketika mengirimkan surat lamaran kerja lewat email diantaranya adalah bahwa teman-teman harus memastikan terlebih dahulu sudah memiliki alamat email sendiri, apabila teman-teman belum memiliki email, maka silahkan baca tulisan cara daftar email yahoo yang sudah pernah dipublikasikan di blog ini.

    Setelah memastikan memiliki alamat email, maka langkah-langkah selanjutnya adalah memastikan bahwa teman-teman sudah memiliki file surat lamaran dan juga perlengkapan-perlengkapan lainnya sebagai syarat-syarat untuk melamar lowongan pekerjaan tersebut, seperti misalnya file daftar riwayat hidup dan lain sebagainya.

    Cara mengirim surat lamaran lewat email

     
    Setelah memiliki alamat email sendiri dan juga file surat lamaran kerja yang hendak dikirimkan, maka selanjutnya adalah teman-teman juga harus memastikan alamat email perusahaan atau instalasi yang merekrut lamaran pekerjaan tersebut. Seperti halnya nomor telepon, sehingga ketika kita hendak kita ingin menelepon, maka yang harus kita pastikan adalah nomor telepon kita sendiri dan juga nomor telepon alamat tujuan, seperti halnya telepon begitu juga alamat email, ketika kita hendak mengirim alamat email, maka tentu ada pula alamat tujuan email yang hendak akan kita kirimkan tersebut.

    Karena mengirim surat lamaran kerja lewat email berbeda dengan mengirim email biasa, dimana biasanya mengirimkan surat lamaran kerja tentunya berhubungan dengan pengiriman file, maka untuk melihat bagaimana cara mengirim email dengan lampiran file tersebut dapat teman-teman baca melalui tulisan lain di blog ini yang berjudul cara mengirim email Yahoo.

    Tips menulis surat lamaran kerja yang akan dikirimkan lewat email


    Mengirimkan surat lamaran lewat email memang saat ini sudah semakin berkembang dengan pesat. Tentu pengiriman surat lamaran melalui email akan menguntungkan dari segi waktu, tenaga, dan biaya dan keuntungan tersebut juga akan didapatkan oleh kedua belah pihak, baik pihak pelamar dan juga pihak perusahaan.

    Hal-hal yang perlu teman-teman ketahui atau disini penulis sebut sebagai tips menulis surat lamaran kerja yang akan dikirimkan lewat email adalah sebagai berikut ini:

    1. Judul Email

    Menentukan judul email yang baik tentu akan membantu bagi penerima email tersebut agar secepat mungkin dapat mengetahui apa maksud dan tujuan teman-teman untuk mengirimkan email tersebut. Sebagai contoh teman-teman dapat menulis judul email sebagai berikut "Lamaran untuk Posisi Manajer Produksi" dan hal ini dibuat karena posisi yang teman-teman lamar tersebut adalah posisi Manajer Produksi.

    Selain itu perlu juga diperhatikan ketika iklan lowongan kerja ditulis dengan meminta teman-teman untuk menuliskan kode tertentu di judul atau subject email, maka hal ini wajib pula teman-teman cantumkan pada judul email tersebut.

    2. Ukuran Bobot Email

    Usahakan ukuran email yang dikirimkan pada lampiran (attach) jangan terlalu berat, usahakan file tidak lebih dari 300 KB, atau kurang lebih 0,3 MB. Jika teman-teman juga menyertakan foto maka usahakan foto yang dikirimkan tersebut memiliki bobot file yang tidak terlalu besar, untuk mengurangi ukuran bobot file foto dapat dikurangi dengan menggunakan berbagai jenis program foto editor seperti photoshop dan lain sebagainya.

    3. Dijadikan Satu dalam Bentuk ZIP

    Bentuk file zip adalah bentuk file yang dimampatkan (dipadatkan) dan saat ini sudah umum dilakukan. Bahkan banyak perusahaan yang meminta agar file-file yang dilampirkan (di attach) dijadikan satu dalam sebuah file zip. Sehingga selain size-nya (ukuran file) menjadi lebih kecil/ringan, juga jumlah file yang dikirim (di attach) menjadi hanya satu file. Ini memudahkan pihak perusahaan dalam mendokumentasikan dan menyortir file-file dari pelamar.

    4. File Attach yang Terlalu Besar Akan Diabaikan

    Dapat anda bayangkan sendiri, bila anda menerima kiriman file di email yang size-nya besar, misalkan sampai lebih dari 1 MB. Tentunya anda malas untuk membukanya (men-download-nya). Demikian juga dengan perusahaan yang menerima email lamaran kerja anda. Bila file attach-nya terlalu besar, otomatis perusahaan tersebut akan malas untuk membuka/mendowload file kiriman anda. Dengan kata lain anda telah gagal hanya di masalah pengiriman email saja. Jadi ikutilah tips nomor 5 di atas.

    5. Lakukan Uji Coba Pengiriman Email


    Untuk surat lamaran yang dikirim lewat email, selain melakukan proof read, anda juga perlu melakukan uji coba pengiriman. Lakukan ini dengan mengirimkan email lamaran anda, lengkap dengan attachment-nya ke alamat email anda yang lainnya. Tentunya jangan kirimkan email percobaan tersebut ke email perusahaan yang anda tuju. Dengan melakukan uji coba terlebih dulu, maka anda dapat melihat sendiri hasil pengiriman email anda tersebut. Untuk kemudian dilakukan perbaikan-perbaikan bila diperlukan.


    Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
     
    DAPATKAN ARTIKEL TERBARU DI FACEBOOK.GABUNG DI KOMUNITAS KITA (BLOGNYA SI JAIT) LAPAK INFO
    FOLLOW JUGA : @LAPAK_INFO