Cara Menenangkan Hati dan Pikiran



  • Cara Menenangkan Hati dan Pikiran - Hati yang gembira adalah obat yang manjur, tetapi semangat yang patah mengeringkan tulang begitulah salah satu kata dalam ayat Alkitab Amsal. Memang benar banyak penyakit yang menyerang tubuh seseorang karena hati dan pikirannya tidak tenang, dan salah satu penyakit tersebut adalah penyakit yang disebut sebagai Psikosomatik, yaitu penyakit fisik yang diperburuk oleh faktor mental seperti stres dan kecemasan.

    Dari artikel internet diketahui bahwa penyakit psikosomatik terjadi ketika emosi negatif telah mempengaruhi sistem otonom tubuh, hormon dan kekebalan terhadap beberapa penyakit. Sementara faktor lainnya seperti depresi, kemarahan, dan isolasi sosial berkontribusi terhadap penyakit jantung. Stres di sisi lain, mempengaruhi asma, gangguan pencernaan dan banyak penyakit fisik lainnya.

    Dalam beberapa dekade terakhir banyak dokter yang mengakui bahwa memang benar ada kaitan antara aktor-faktor psikologis dengan penyakit fisik. Kenyataannya, diperkirakan sekitar 30% keluhan fisik yang ditangani dokter di ruang praktek terkait dengan masalah psikologis.

    Karena begitu bepengaruhnya ketenangan hati dan pikiran terhadap kesehatan fisik, maka sudah berang tentu hati tenang dan pikiran yang jernih selalu harus dijaga. Dengan ketenangan hati dan pikiran yang terjaga, maka penyakit fisik yang diderita juga akan semakin dapat diatasi.

    Bagaimana cara menenangkan hati dan pikiran sehingga kesehatan fisik juga selalu terjaga setiap saat? Untuk menjawab hal tersebut maka berikut ada beberapa tips dan cara menenangkan hati dan pikiran yang diperoleh blog Karo Cyber dari berbagai sumber situs internet:

    1. Relaksasi

    Relaksasi adalah sebuah teknik untuk mengatasi kekawatiran atau kecemasan dan juga stres yang dilakukan dengan cara pengendoran otot-otot dan syaraf. Dalam arti kata lain, relaksasi juga merupakan suatu kondisi istrahat pada aspek fisik dan mental manusia, sementara aspik spirit tetap aktif bekerja.

    Salah satu relaksasi yang umum dilakukan adalah dengan cara menarik nafas dalam-dalam, dan melakukan latihan-latihan ringan mengendurkan otot, serta dapat juga dilakukan dengan cara berkata-kata yang menyenangkan.

    2. Mengubah Cara Pandang

    Mengubah cara pandang yang negatif menjadi sebuah pandangan yang positif adalah salah satu teknik cara menenangkan hati dan pikiran yang paling mudah dilakukan. Misalnya ketika Anda merasa sedang berada dalam posisi yang tidak menyenangkan, maka cobalah pikirankan bahwa posisi yang sedang Anda hadapi tersebut merupakan sesuatu yang memang benar-benar terjadi, tetapi hal itu bukanlah akhir dari segala-galanya dalam hidup Anda.

    3. Humor

    Humor dapat dijadikan sebagai salah satu cara menenangkan hati dan pikiran Anda. Humor dalam hal ini dapat ditemukan diberbagai media, baik di media internet, media televisi, dan juga media-media lainnya. Humor juga dapat ditemukan pada diri Anda sendiri, artinya dalam sebuah masalah yang sedang Anda hadapi sekalipun akan tersirat sebuah humor yang bisa menghibur diri Anda.

    4. Melatih cara Berkomunikasi

    Dalam menjalin komunikasi dengan seseorang juga sering menjadi salah satu penyebab membuat hati Anda tidak tenang. Misalnya dalam menghadapi perbedaan pendapat dengan seseorang, maka ketika anda selalu ingin memaksakan kehendak kepada orang tersebut, maka tentu sebuah hal yang tidak menyenangkan mungkin saja bisa terjadi. Dalam hal ini maka perlu juga mempertimbangkan sebuah keputusan untuk mendengarkan pendapat orang lain, meksi dalam artian pendapat tersebut tidak mewakili keinginan Anda. Dengan demikian maka paling tidak akan teruji kesabaran dan sikap rendah hati dalam diri Anda.

    5. Selesaikan Masalah secara Tuntas

    Sebuah hal yang tidak menyenangkan hati terkadang dipicu oleh hal-hal yang datang dari diri sendiri, seperti adanya masalah yang belum diselesaikan, maka dalam hal ini sangat baik jika Anda menyelesaikan setiap masalah yang muncul dengan sesegera mungkin. Bila Anda merasa tidak mampu untuk menyelesaikannya secara pribadi, maka tidak ada salahnya mencoba untuk mendapatkan bantuan penyelesaian masalah yang sedang Anda hadapi dari orang-orang yang ada disekitar Anda.

    6. Mengubah Lingkungan

    Mengubah lingkungan dalam arti disini bukan selalu harus mengubah tempat tinggal Anda. Tetapi hal dalam perubahan lingkungan ini dapat dilakukan dengan menata kembali tempat tinggal atau tempat kerja Anda. Mengubah lingkungan dapat juga berarti merubah aturan main dalam lingkungan tersebut, dan termasuk juga merubah kebiasaan diri Anda sendiri untuk menghindari lingkungan yang tidak menyenangkan.


    Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
     
    DAPATKAN ARTIKEL TERBARU DI FACEBOOK.GABUNG DI KOMUNITAS KITA (BLOGNYA SI JAIT) LAPAK INFO
    FOLLOW JUGA : @LAPAK_INFO