sistem cara kerja listrik tenaga air

 
 
 
 
 
Air bisa dimnfaatkan sebagai salah satu sumber energi pembangkit listrik. Tidak hanya di Indoensia, di negara - negara besar di dunia juga banyak yang memanfaatkan tenaga yang dihasilkan oleh air untuk diubah menjadi energi listrik. Di Indonesia sendiri, pemerintah sengaja membangun bendungan - bendungan sebagai tempat pembangkit listrik tenaga air di beberapa wilayah di Indonesia. Cara kerja listrik tenaga air, kurang lebih bisa dijelaskan secara sederhana seperti penjelasan di bawah ini.
 
CARA KERJA LISTRIK TENAGA AIR:
 
Prinsip kerja dari listrik tenaga air ini adalah mengubah energi yang terdapat pada air yang mengalir menjadi energi mekanik dimana kemudian energi mekanik tersebut diubah menjadi energi listrik
 
  • Alat utama yang dibutuhkan pada pembangkit listrik tenaga air adalah berupa turbin dan generator seperti dibawah ini:


  • Air yang telah ditampung di dalam bendungan dialirkan melalui dasar bendungan sehingga membentuk air terjun
  • Air terjun inilah yang dimanfaatkan untuk menggerakkan turbin karena air akan menabrak sudu - sudu turbin sehingga membuat turbin menjadi berputar. 
  • Turbin ini terhubung secara langsung dengan generator, sehingga bila turbin bergerak secara berputar, maka secara otomatis generator juga akan ikut bergerak berputar.
  • Selama bergerak berputar, generator ini akan menghasilkan tenaga listrik.
  • Nah tenaga listrik inilah yang kemudian oleh PLN dialirkan ke rumah - rumah pelanggan.
Powered by Blogger.