Cara Mengetahui Masa Kadaluarsa Ban Mobil

 
Ban adalah peranti yang menutupi velg suatu roda pada kendaraan yang anda naiki baik itu sepeda, sepeda motor maupun mobil. Oleh karena itu ban adalah adalah bagian penting dari kendaraan darat, dan digunakan untuk mengurangi getaran yang disebabkan ketidakteraturan permukaan jalan, melindungi roda dari aus dan kerusakan, serta memberikan kestabilan antara kendaraan dan tanah untuk meningkatkan percepatan dan mempermudah pergerakan.

Sebagian besar ban yang ada sekarang, terutama yang digunakan untuk kendaraan bermotor, diproduksi dari karet sintetik, walaupun dapat juga digunakan dari bahan lain seperti baja.

Nah, ban ternyata juga memiliki jenis ukuran yang berbeda-beda karena setiap kendaraan memerlukan ukurannya masing-masing. Secara general, dimensi atau ukuran sebuah ban dapat dinyatakan sebagai berikut: “ 205/ 55/ ZR16”. Dan keterangan dimensi atau ukuran ban tersebut dapat dinyatakan sebagai berikut:

205 = lebar telapak ban (mm)
55    = aspek ratio untuk ketebalan ban (%) dari telapak ban
ZR    = kode limit kecepatan
16    = diameter velg (inch)

Kode kecepatan ban


Indeks beban ban


Cara mengetahui kadaluarsa ban

Tahukah anda, kalau ban termasuk suatu benda yang memiliki masa kadaluarsa. Dan masa kadaluarsa ini berlaku untuk ban yang disimpan terlalu lama tanpa dipasangkan ke kendaraan maupun pada ban yang terpasang pada kendaraan anda namun kendaraan anda jarang digunakan.

Jika anda ingin mengetahui bulan dan tahun produksi ban, maka perhatikanlah 4 angka yang tertera pada bagian dekat bibir velg. Dari keempat angka tersebut, 2 angka di depan menandakan minggu dan 2 angka dibelakangnya menandakan tahun.
Misalnya saja, pada ban yang anda miliki, tertera 0910, berarti ban tersebut dibuat pada minggi ke 9 tahun 2010.

Secara umum, masa kadaluarsa ban yang disimpan di gudang adalah 6 tahun, dalam artian jika anda membeli ban yang sudah berusia lebih dari 6 tahun sejak diproduksi maka pengguna akan menghadapi resiko yang sangat besar disebabkan karet ban yang sudah sangat getas sehingga menjadi lebih mudah retak dan akhirnya pecah.

Oleh sebab itu, sangat disarankan untuk membeli ban yang benar-benar “fresh from the oven” dimana baru berusia beberapa bulan semenjak ban tersebut diproduksi. Juga untuk ban yang digunakan pada mobil yang amat sangat jarang dipakai, gantilah ban jika usia ban sudah 6 tahun dan untuk keamanan maksimal sebaiknya diganti lebih awal akan lebih baik, misalnya diganti di tahun ke 4.
Powered by Blogger.