Beberapa Persiapan Untuk Arus Mudik 2012

Beberapa Persiapan Untuk Arus Mudik 2012. Dalam pengantisipasian beberapa persiapan dilakukan dan di adakan baik oleh pihak pemerintahan maupun luar dari pemerintahan. Salah satunya seperti yang di Persiapkan oleh petugas Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika Kota Semarang melakukan uji kelayakan jalan sejumlah bus di Terminal Terboyo, Semarang.

Pemeriksaan dilakukan pada bus antar kota antar provinsi (AKAP) dan bus antar kota dalam provinsi (AKDP) yang akan digunakan para pemudik. Petugas penguji kendaraan bermotor dari Dishubkominfo Kota Semarang Imam Sukoco mengatakan, pemeriksaan tersebut meliputi sejumlah kelengkapan bus. Antara lain fungsi lampu utama, lampu sein, lampu rem, wiper, klakson, roda dan palu pemecah kaca.

Petugas gabungan yang dibantu petugas terminal ini juga menanyakan surat-surat kendaraan meliputi izin trayek, surat tanda kendaraan bermotor (STNK) dan surat izin mengemudi (SIM).

"Uji kelaikan ini utamanya untuk mengecek kondisi bus yang akan digunakan dan mengantisipasi terjadinya kecelakaan akibat bus yang kurang baik," ujarnya.

Petugas juga memeriksa emisi gas buang bus dengan menggunakan smoke tester yang dimasukkan ke bagian knalpot. Ia menegaskan, Dishubkominfo juga meminta sopir tidak menggunakan ban vulkanisir dan ketebalan kembangan minimal satu centimeter.

"Rata-rata bus yang menjalani uji kelaikan jalan hari ini sudah memenuhi standar, kecuali satu bus yang kaca depannya retak dan kami sudah minta segera diperbaiki. Untuk uji emisi tidak ditemukan bus yang gas buangnya melebihi ambang batas sesuai Keputusan Menteri Lingkungan Hidup Tahun 2006," jelasnya.

Uji kelaikan ini, ungkapnya, akan dilakukan di seluruh terminal yang ada di Kota Semarang. Hal ini sebagai bentuk jaminan keselamatan pada penumpang arus mudik dan arus balik Lebaran. Pihaknya juga mengaku akan menindak tegas dan menilang bus yang awaknya terbukti melakukan pelanggaran berat serta membahayakan pengguna jalan yang lain.
Powered by Blogger.