Sisi Lain Kadhafi

13007261751665674584


Tidak banyak orang tahu yang mana Kadhafi yang asli dan yang mana yang palsu. Penampilan pemimpin Libya ini di muka umum menurut sumber yang akhir-akhir ini bocor keluar parlemen Libya adalah; Kadhafi selalu memakai orang lain yang memiliki wajah yang mirip dengannya. Bisa dimaklumi tindakan sang Kolonel ini, karena musuh Kadhafi hampir tersebar di seluruh dunia. Musuh-musuh ini bukan saja dari negara lawan, tetapi musuh-musuh yang timbul dari ulah anak-anaknya sendiri.
1300716286303051983
Kadhafi /kiri ilustrasi nieuwsnederland.com kanan ilustrasi gva.be
Jadi untuk melindungi keselamatan Kadhafi, maka team khusus pemerintahannya selalu memasang seseorang yang siap menggantikan fungsinya untuk sementara. Baik itu berupa kunjungan resmi kenegaraan ke negara lain atau pada saat Kadhafi mendapat kunjungan tamu resmi dari negara lain.

Memang issue-issue bahwa Kadhafi selalu memasang “boneka Kadhafi” ini sudah lama sekali terdengar, sejak sang Kolonel memimpin pemerintahan dengan tangan besi dan tiran 42 (empat puluhdua) tahun yang silam hingga kini. Setiap tahun boneka-boneka ini akan disesuaikan dengan usia dan penampilan Kadhafi yang sebenarnya. Bahkan pernah mantan Presiden Mesir H.Mubarak merasa heran ketika pertemuan negara-negara Timur Tengah, ketika antar petinggi Timur Tengah saling bertukar humor ternyata Kadhafi kaku sekali dan tidak menguasai strategi pembicaraan. Menurut sumber yang dipercaya kalau seorang Kadhafi muncul dengan kacamata hitamnya, maka bisa jadi itulah Kadhafi yang palsu.

Ternyata hidup dengan banyak musuh, membuat sang Kolonel ketakutan sendiri.
Kadhafi tidak segan-segan untuk mengirim “Kadhafi palsu” untuk mewakili dirinya pada pertemuan-pertemuan penting negara. Sampai ketika pertemuan dengan sahabat karibnya Berlusconi di Itali pun kini terbuka sinyalemen, bahwa yang hadir pada jamuan makan malam yang megah itu adalah Kadhafi yang palsu.
Sebenarnya bukan hanya Kadhafi saja yang berbuat seperti ini.  Dalam sejarah pernah dicatat Winston Churchill pun demikian, kemudian Saddam Husein.  Bila Churchill untuk kepentingan negaranya beliau harus memasang orang lain, tetapi Kadhafi karena kepentingan diri pribadi dan imperium kekuasaan perusahaannya.

13007186601532553542
Safiya, istri kedua Kadhafi/foto AFP
Dari istri keduanya Safiya, Kadhafi mempunyai beberapa anak.  Jumlah anak Kadhafi 10 (sepuluh) orang. Satu diantaranya wanita, dan 2 (dua) diantaranya anak angkat. Kesepuluh anak-anak ini memiliki jabatan-jabatan penting dalam pemerintahan dan juga perusahaan-perusahaan pribadi ayahnya. Di bawah ini saya tampilkan beberapa dari kesepuluh anak Kadhafi.
13007189491738676311
sebelah kiri Saif al-Islam Kadhafi/foto AFP, sebelah kanan Mohammed Kadhafi/foto Reuters
Saif al-Islam kadhafi, lahir tahun 1972. Dipersiapkan oleh ayahnya untuk menggantikan posisi pemimpin Libya yang akan datang. Kadhafi menggunakannya sebagai penghubung Libya dengan negara-negara Barat berkaitan dengan pendidikannya. Saif al-Islam Kadhafi adalah seorang Insinyur, ekonom dan arsitek. Saif diangkat oleh ayahnya sebagai arsitek pemulih hubungan Libya dan Barat. Namanya akhir-akhir ini menjadi populer sejak ia mengambil alih tugas ayahnya ketika Libya bergolak waktu yang lalu pada acara presentasi di televisi.

Mohammed Kadhafi, lahir tahun 1970, merupakan anak pertama Kadhafi dari istrinya yang pertama. Mohammed Kadhafi kalau dibandingkan dengan anak-anak yang lain, maka Mohammed termasuk yang berkepribadian tenang. Dalam arti tidak pernah mempunyai skandal yang selalu merepotkan ayahnya dan negara.  Selain sehari-harinya duduk sebagai kepala komite Olympiade Nasional, juga orang paling berpengaruh pada sejumlah perusahaan telekomunikasi Libya. Memiliki perusahaan pos dan dua perusahaan telepon seluler.
13007202292070337718
sebelah kiri Hannibal Kadhafi/foto Reuters, sebelah kanan Mutassim Kadhafi/fotoAFP

Hannibal Kadhafi, darinya Kadhafi bukan saja harus melindungi dirinya dengan memasang “Kadhafi palsu,” tetapi juga darinya Libya sering mengalami krisis hubungan diplomatik yang buruk dengan negara-negara lain. Hannibal terkenal dengan skandal obat-obat bius jaringan internasional. Gara-gara Hannibal maka Libya mengalami krisis diplomatik dengan negara Swiss. Insinden di Itali  dan pemukulan istrinya di Jenewa. Pernah di penjara empat bulan di Perancis. Hannibal ternyata penyebab problema keluarga Kadhafi.
Mutassim kadhafi, lahir tahun 1975. Merupakan penasehat keamanan nasional Libya, dan pemimpin brigade Libya. Posisinya sangat berpengaruh bagi aparat keamanan negara.
1300721140707299104
sebelah kiri Saadi kadhafi/fotoReuters, sebelah kanan Seif al-Arab Kadhafi/foto vk.nl
Saadi Kadhafi, lahir tahun 1973. Ketua federasi sepakbola Libya. Bahkan pernah memperkuat team Itali, seperti club Perugia, Udinese dan Sampdoria. Namun tahun 2003 ia berhenti dari kariernya karena ”kasus doping”. Di negaranya Saadi terkenal sebagai bussinesman dibidang perfilman. Mempunyai hubungan yang baik dengan aparat keamanan Libya.
Seif al-Arab Kadhafi, terkenal karena ia aktif dalam usaha penyelundupan senjata.
1300721751383549655
Aisha Kadhafi/fotoAFP
Aisha Kadhafi, lahir tahun 1976. Putri tunggal Kadhafi. Seorang pengacara dan satu-satunya wakil dalam keluarga yang mewakili masalah-masalah hukum keluarga. Kadhafi sangat menyayanginya. Aisha Kadhafi di Eropa terkenal dengan sebutan “Libya Claudia Schiffer”. Karena kecantikannya dan kepandaiannya.
Presiden Nicaragua Daniel Ortega, telah menawarkan perlindungan politik kepada Kadhafi dan keluarga. Anak-anak Kadhafi sendiri telah menyarankan pada ayahnya untuk melepaskan Libya dan pindah ke Nicaragua. Tetapi Kadhafi berkeras kepala ingin sampai nafas terakhir tetap tinggal di Libya. Sebab itu pergolakan masih tetap berlangsung sampai hari ini.

Berita terakhir mengatakan ”Operasi Odyssey Dawn” yang merupakan militer intervensi dari beberapa negara Barat bertujuan menyingkirkan Kadhafi untuk melindungi rakyat Libya, oleh karena disinyalir rakyat yang memberontak tidak mempunyai cukup persenjataan yang mutakhir. Sementara seluruh pesawat dikuasai oleh Kadhafi. Operasi Odyssey Dawn memang bertujuan melumpuhkan system raket  SA2,SA3 dan SA5 dengan Tomahawks, karena system raket  inilah yang sangat berbahaya bagi rakyat Libya.

Diprediksi Kadhafi dan keluarga menyembunyikan diri dalam ”bunker” spesial bawah tanah yang dilengkapi dengan berbagai fasilitas. Bunker dibangun oleh perusahaan dari Jerman, sama seperti bunker yang dibangun untuk Hitler tahun 1945. Bunker direkayasa sedemikian rupa hingga tahan bila ada rudal raket  dan bom yang menimpanya.

Negara-negara Eropa dan Amerika kini sedang mempersiapkan ”Operasi Odyssey Dawn”. Belanda telah mempersiapkan F-16 yang diperlengkapi dengan bom dan raket, juga KDC-10, pesawat khusus untuk mengisi bahan bakar diudara. Angkatan udara Belanda memang terkenal dengan “no-fly zones-nya”, untuk mengkontrol negara lawan. Pada Bosni dan Kosovo hal ini sudah dilakukan. Dalam Operasi Odyssey Dawn ini satu-satunya negara Eropa yang menyatakan tidak akan ikut adalah Jerman. Bisa dimaklumi, Jerman bersahabat baik dengan Kadhafi.

Koalisi negara-negara Arab sudah mengajukan larangan terbang untuk pesawat dari Libya. Sepertinya memang kini taktik mengunci Kadhafi sudah dijalankan.

sumber : Della Anna

No comments

PILIH PLATFORM KOMENTAR DENGAN MENG-KLIK BLOGGER,DISQUS ATAU FACEBOOK

Powered by Blogger.