lima jangan untuk penderita ambeien

Berdasarkan definisi kedokteran, ambeien (hemoroid) diartikan sebagai varises (pelebaran) vena hemoroidalis -sejenis pembuluh darah yang membawa darah dari "bawah" ke jantung- ambeien juga melibatkan inflamasi (peradangan) jaringan lunak dan otot-otot sekitar anus. Intinya, pelebaran pembuluh darah (vena) tersebut menyebabkan pembengkakan pada bibir anus (spinchter ani) yang kadang disertai perdarahan, sehingga gejala yang dialami ialah rasa sakit, susah buang air besar, dan perdarahan ketika buang air besar. Sedangkan gejala ketika tidak sedang buang air besar ialah gatal, sakit (saat duduk), dll.

Masih banyak lagi yang bisa dijelaskan tentang ambeien ini, seperti jenis, derajat, penyebab, tatalaksana, dan dampak ambeien. Namun, dalam artikel kali ini hanya difokuskan bahasan tentang hal-hal yang seharusnya dilakukan oleh penderita ambeien, di antaranya adalah:

Pertama. Jangan menggarut gatal di daerah anus: Memang, ini lebih mudah dikatakan daripada dilakukan, apalagi ambeien terkadang menyebabkan rasa gatal yang sangat menyebalkan sehingga menggaruk merupakan cara terbaik untuk meredahkannya. Namun, "menggaruk" dapat menyebabkan inflamasi bertambah parah. Cobalah untuk menahan rasa gatal tanpa menggaruk, serta gunakanlah obat-obatan yang dianjurkan oleh dokter untuk mengurangi rasa gatal tersebut.

Kedua. Jangan mengangkat beban berat: Mengangkat beban berat dapat menyebabkan peningkatan tekanan intraabdominal (tekanan perut) yang berdampak pada terjadinya refleks "mengejan" sehingga mempengaruhi ambeien yang terjadi. Oleh karena itu, mengangkat beban berat (termasuk olahraga berat) tidak disarankan bagi penderita ambeien. Olahraga ringan (seperti jalan santai) diperbolehkan, bahkan dianjurkan.

Ketiga. Jangan/kurangi makan makanan pedas: Selain tidak begitu membantu sistem digestif (pencernaan) bagi penderita ambeien, makanan pedas juga dapat memperburuk keadaan abeien yang diderita.

Keempat. Jangan/Tidak disarankan duduk di permukaan yang keras: Duduk ketika di "bagian bawah" anda sedang sakit tentunya akan terasa sangat menyebalkan. Bahkan, beberapa orang membeli bantal khusus untuk orang ambeien -bantalnya seperti donat- yang dapat memungkinkan mereka duduk tanpa menyentuhkan bokong pada alas apapun. Setidaknya dengan hal ini penderita dapat duduk dengan agak nyaman.

Kelima. Jangan/kurangi merokok dan minum alkohol: Berdasarkan banyak studi, zat kafein dalam rokok dan substansi alkohol dapat memperparah peradangan dan rasa sakit yang dialami. Tampaknya untuk mengurangi merokok dan minum alkohol (bagi perokok dan peminum alkohol) amat sulit, tetapi ini patut dicoba, setidaknya perlahan-lahan.

Dan... Sekarang... setelah mengetahui tentang informasi ini, semoga siapapun anda dapat me-manage ambeien yang terjadi pada anda...

Terima kasih...

No comments

PILIH PLATFORM KOMENTAR DENGAN MENG-KLIK BLOGGER,DISQUS ATAU FACEBOOK

Powered by Blogger.