ini dia perempuan saingan Mark Zuckerberg



Catherine Cook mengeluh soal pilihan foto di buku tahunan sekolahnya saat ide jejaring sosial muncul. Mendirikan Myyearbook.com selama enam tahun, perempuan ini sia bersaing dengan Mark Zuckerberg.

Siapa yang tidak mengenal Mark Zuckerberg. Pria berusia 26 tahun yang menempuh pendidikan di Harvard University saat menciptakan jejaring sosial Facebook dengan lebih dari 500 juta pengguna. Kini, ia punya pesaing.

Catherine Cook bersama dengan saudara laki-lakinya, David, menciptakan situs jejaring sosial menggunakan komputer di kamar tidurnya selama enam tahun. Ia berhasil merebut perhatian 25 juta pengguna di Amerika Serikat. Bahkan, Myyearbook.com merupakan salah satu dari 25 situs terbaik di AS.

Berusia 21 tahun, perusahaan Catherine dengan 12 pegawai pengembang perangkat lunak ini memiliki nilai sekitar US$20 juta (Rp 180 miliar). Kesuksesannya seringkali dibandingkan dengan pendiri Facebook, Mark Zuckerberg.

“Ini terjadi begitu cepat. Satu menit, kami saling bertukar ide kemudian menerima investasi sebesar US$250 ribu (Rp 2,2 miliar),” ujar Catherine yang kini mengemban ilmu di Georgetown University.

Berbicara soal inspirasi, Catherine mengakui ia awalnya tidak menyukai buku tahunan mereka. “Suatu hari di 2005, saya dan saudara lak-laki saya, David, saling bercerita soal betapa bencinya kami atas foto di buku tahunan itu.”

Selanjutnya, C menjadi semacam buku tahunan online yang membuat seseorang dapat berinteraksi dengan orang lain berdasarkan lembaga pendidikan mereka.

Catherine dan David meluncurkan situs itu dari rumah mereka di Skillman, New Jersey, Amerika Serikat, setelah merekrut tim pengembang dari Mumbai, India. Kini, perusahaan mereka pindah ke ruangan lebih besar di kawasan perkantoran di New Hope, Pennsylvania.

Apakah mereka akan sesukses Facebook?

No comments

PILIH PLATFORM KOMENTAR DENGAN MENG-KLIK

Powered by Blogger.