Perancis Sambut Bayi "Penyelamat" Pertama

Ingat cerita dari novel laris "My Sister's Keeper" tentang anak yang dilahirkan untuk menjadi donor bagi sang kakak yang menderita leukemia akut? Cerita itu tidak sepenuhnya fiksi, karena bayi dengan 'nasib' serupa kini lahir di Prancis.


http://i.okezone.com/content/2011/02/08/56/422430/F2ze0KBsNi.jpg
Salah satu adegan film 'My Sister's Keeper' (Foto: Google image)

Bayi itu dilahirkan di Rumah Sakit Antione Beclere di Clamart, pinggiran kota Paris. Dua dokter yang membantu kelahirannya adalah Rene Frydman dan Arnold Munnich.

Dilahirkan dari orangtua keturunan Turki, bayi laki-laki itu diberi nama Umut-Talha (bahasa Turki yang berarti 'harapan kami').

Orangtua Umut-Talha melakukan proses pembuahan in-vitro dan melahirkan dirinya pada 26 Januari dengan berat 3,65kg, demikian keterangan yang dilansir Straits Times.

Seperti pada cerita "My Sister's Keeper", Umut-Talha adalah bayi yang 'didesain' sedemikian rupa untuk menolong saudaranya yang menderita kelainan darah beta thalassemia.

Pada proses pembuahan, dokter tidak hanya memastikan agar Umut-Talha tidak membawa gen penyakit tersebut, tapi juga memiliki gen yang cukup dekat untuk menyediakan sel pengobatan dari tali pusar, yang merupakan sumber sel punca (stem cell).

Penyakit beta thalassemia sendiri adalah bentuk keabnormalan hemoglobin, yaitu protein dalam sel darah merah yang membawa oksigen ke seluruh tubuh. Namun, penyakit ini menyebabkan kerusakan sel darah merah sehingga penderita mengalami anemia.

Umut-Talha sebenarnya bukan bayi 'penyelamat' pertama di dunia. Bayi 'penyelamat' pertama adalah Adam Nash, yang dilahirkan di Amerika Serikat, 2000 lalu.

Sumber :
techno.okezone.com

No comments

PILIH PLATFORM KOMENTAR DENGAN MENG-KLIK BLOGGER,DISQUS ATAU FACEBOOK

Powered by Blogger.