Kecil Kemungkinan Apophis Hantam Bumi

Hasil riset Lembaga Antariksa Rusia memprediksi asteroid Apophis akan menghantam Bumi pada tahun 2036. Pada tahun 2004, NASA juga pernah memublikasikan hasil riset yang mengungkapkan bahwa asteroid sebesar lapangan sepak bola itu berpotensi menghantam Bumi pada tahun 2009.
Menurut hasil observasi Rusia, Apophis akan menghantam Bumi pada 13 April 2036. Akibat hantaman, efek layaknya kiamat akan terjadi di Bumi, tentunya disertai kehancuran dan kematian manusia di wilayah tertentu.
                                       


UH/IA
Asteroid Apophis pertama kali ditemukan 19 Juni 2004.
Bagaimana NASA menanggapi hasil riset Rusia? Donald Yeomans, peneliti Near Earth Object Program Office mengatakan, Rusia mendasarkan prediksinya pada kemungkinan Apophis melewati lubang kunci gravitasi. Lubang kunci gravitasi adalah wilayah di angkasa dengan efek gravitasi bumi sangat kecil.

Yeomans menjelaskan, situasinya adalah, pada 13 April 2029, asteroid akan bergerak di dekat orbit Bumi. Bila Apophis telah bergerak di dekat Bumi pada saat tersebut, maka terdapat kemungkinan asteroid itu akan menghantam pada 13 April 2036. "Secara teknis, Rusia benar. Ada kemungkinan Apophis akan menghantam Bumi pada tahun 2036," kata Yeomans.

Namun demikian, menurut Yeomans, kemungkinan tersebut sangat kecil, hanya 1 dalam 250.000. Jadi, kemungkinan yang lebih besar, asteroid sepanjang 270 meter itu tak akan menghantam Bumi.
Lebih jauh, Yeomans mengemukakan bahwa skenario yang lebih mungkin adalah Apophis akan mulai mendekat ke orbit Bumi pada tahun 2012 dan 2013. Saat itu, Apophis mampu dideteksi dengan radar dan teleskop, dan NASA telah mempersiapkan rencana beserta teknologi untuk mengawasi kemungkinan asteroid itu menghantam Bumi.

Seperti yang diberitakan sebelumnya di artikel "Apa Jadinya Kalau Asteroid Raksasa Menghantam Bumi?", NASA telah mempersiapkan teknologi untuk mengubah arah gerak Apophis. Caranya dengan memanaskan permukaan asteroid sehingga terbentuk aliran jet yang bisa merubah arah. Dengan teknologi ini, peristiwa hantaman asteroid ke Bumi bisa dicegah.

No comments

PILIH PLATFORM KOMENTAR DENGAN MENG-KLIK BLOGGER,DISQUS ATAU FACEBOOK

Powered by Blogger.