inilah rahasia di balik lezatnya cokelat

Coklat, siapa yang tidak suka? Produk makanan olahan ini kerap dipakai untuk melengkapi berbagai resep.
Headline
Foto: Istimewa
Selain dapat dikonsumsi langsung, coklat akan terasa lebih nikmat jika digunakan untuk campuran kue, roti, milkshake, atau olesan roti tawar.

Jika Anda penggemar berat coklat, selain memilih berdasarkan merek dan harga, mungkin tips ini akan membantu Anda dalam memilih coklat yang enak. Bahkan Anda akan menemukan coklat favorit Anda sepanjang masa.

Perhatikan bahan

Coklat yang baik adalah yang kandungan coklatnya tinggi. Pilih yang kandungannya antara 50-70%. Hindari kandungan lemak nabati dan rasa buatan. Pilih saja yang mengandung mentega kakao.

Perhatikan juga kandungan gulanya. Kandungan gula yang tinggi menandakan kualitas yang rendah. Sebaiknya pilih kandungan pemanis yang berasal dari gula tebu yang belum diproses, fruktosa atau sirup agave.


Tampilan

Coklat yang bagus seharusnya memiliki warna yang sama dan merata. Pilih warna yang hitam atau coklat mahoni tanpa bercak, noda, retakan atau lubang.

Sentuh dan aroma

Jika Anda memegang sepotong coklat, seharusnya coklat akan segera meleleh dalam beberapa detik. Semakin tinggi kandungan mentega kakao (dalam kadar lemak), maka coklat akan semakin cepat meleleh.

Selain itu, wangi coklat yang enak begitu menakjubkan. Coklat yang baik memiliki aroma yang enak dan tetap, bukan yang terlalu manis, asam atau pahit. Pilihlah aroma coklat yang kaya dan memabukkan yang membuat Anda ingin segera menyantapnya. Itu baru coklat yang bagus.

Tekstur

Bagaimana coklat terasa di mulut merupakan kunci keberhasilan industri ini. Orang suka dengan sensasi meleleh saat coklat masuk ke mulut. Faktanya adalah mentega kakao memiliki titik lebur yang sama dengan suhu tubuh kita.

Tekstur yang Anda cari sebaiknya sensasi leleh tersebut dan juga ledakan rasa. Hindari tekstur yang kasar atau seperti bubuk. Pilih yang kaya krim coklat dengan nuansa mentega dan rasa yang kompleks.

Potongan coklat

Belahlah menjadi kecil. Potongan yang bersih menunjukkan kualitas yang baik dari mentega kakao. Jika menggunakan lemak nabati atau lemak lainnya, maka coklat jika dibelah akan menimbulkan serpihan-serpihan atau sempalan.

No comments

PILIH PLATFORM KOMENTAR DENGAN MENG-KLIK BLOGGER,DISQUS ATAU FACEBOOK

Powered by Blogger.