Air Danau yang Menyala di Malam Hari

Salah satu fenomena alam bisa disaksikan langsung di danau Gippsland yang berada di wilayah Victoria, Australia. Pemandangan di siang hari tidak akan memberikan kesan khusus. Tapi jika kita berkunjung di malam hari, dan mengarahkan lampu ke arah air danau, barulah fenomena ini bisa dinikmati.

Seorang fotografer lepasan asal Melbourne yang datang berkunjung dengan seorang kawan telah membuat beberapa gambar berikut ini.








Cahaya yang muncul dipermukaan air danau merupakan reaksi kimia disebut 'bioluminescence' yang disebabkan oleh mikro organisme 'noctiluca Scintillans'.
penyebabnya:
Ialah Ganggang yang mempunyai sistem Bioluminescence.
Bioluminescence adalah pembentukan dan pemancaran cahaya oleh makhluk hidup. Bioluminescence biasanya terbentuk karena reaksi kimia yang dihasilkan oleh makhluk hidup. Reaksi kimia tersebut bisa terjadi baik di dalam sel, maupun di luar sel. Bioluminescence bisa ditemui pada bermacam-macam hewan laut dalam, beberapa jenis serangga, cacing, keong, mikroorganisme, dan juga jamur, kunang-kunang menyala.

Kata bioluminescence terdiri dari dua bahasa, bio (=hidup, Yunani) dan lumen (=cahaya, Latin). Bioluminescence adalah salah satu bentuk pemancaran cahaya, yang menghasilkan cahaya dingin. Hanya 20% dari total cahaya yang menghasilkan panas. Jadi, karakteristik bioluminescence berbeda dengan flourescence ataupun phosphorescence.








No comments

PILIH PLATFORM KOMENTAR DENGAN MENG-KLIK BLOGGER,DISQUS ATAU FACEBOOK

Powered by Blogger.