tips mendekorasi kamar kost yang sempit

Bagaimanapun kecilnya kamar kost Anda, tentu akan tetap merasa nyaman jika si empunya pandai menyiasati dekorasi ruangan tanpa mengabaikan kegokilan Anda dalam mendekor kamar kost. Kamar kost bisa dibilang sebagaihome base-nya mahasiswa. Tidur dan beristirahat di situlah tempatnya. Biasanya karakteristik kost menentukan keadaan ekonomi empunya. Maklumlah, biaya kost juga jadi kebutuhan primer bagi seorang mahasiswa di perantauan. Belum lagi biaya hidup yang semakin tinggi, menjadikan bahan pangan juga ikut merangkak naik. Seperti halnya saya, karena tidak mampu dengan kontrakan jadi lebih memilih kost yang lebih murah. Syukur saya bisa mendapatkan kost yang murah, Rp 1 juta per tahunnya.
Kost kecil pasti punya konsekuensi, salah satunya adalah sumpek dan terasa sempit. Maka dari itu, empunya harus memutar otak untuk memanipulasi kostnya menjadi lebih luas. Sempitnya kamar kost dapat disiasati dengan mendekorasi ulang tanpa perlu mengeluarkan biaya besar.
1. Warna Ruangan
Dekorasi dimulai dengan mengganti warna ruangan. Namun, ada yang perlu diperhatikan. Biasanya memilih warna favorit adalah yang utama. Boleh saja asalkan warna yang dipilih sesuai dengan kriteria ruangan. Kalau ruangan kecil diberi warna yang cerah, sepertinya menimbulkan nuansa yang norak. Maka dari itu, lebih baik memilih warna yang soft atau lembut. Bagi Anda yang menyukai warna sekitar biru, saya rekomendasikan warna Clemantis. Bila ingin melihat pilihan yang banyak, saya sarankan untuk mengunjungi toko cat yang dilengkapi dengan katalog. Dari katalog Anda bisa mengira-ngira perpaduan warna yang pas satu sama lain. Jika sudah menemukan warna yang diminati, jangan membeli dalam jumlah yang terlalu banyak, mengantisipasi jika dipertengahan pengecatan ada warna yang tidak berkenan.
2. Test Resapan Tembol
Bisanya tembok diruangan kita memiliki karakter yang berbeda-beda. Terlebih jika tembok luar berinteraksi langsung dengan udara luar. Sehingga dikala hujan, air merembes masuk ke dalam ruangan. Untuk itu saya srankan Anda menggunakan jasa untuk mengetest kualitas tembok Anda. Karena pada prinsipnya, jika cat yang Anda sudah baik, tapi temboknya tidak mampu menahan resapan air, berarti Anda harus mengualanginya kembali setelah paling lama 3-6 bulan. Mereka (toko cat) biasanya menawarkan jasa itu. Biayanyapun terjangkau, kira-kira hanya sekitar Rp 50ribu saja. Dengan begitu, Anda bisa menikmati indahnya ruangan tanpa berkeluh kesah dengan masalah rembesan air di tembok.
3. Pola Pengecatan
Selain memperhatikan perpaduan warna, juga harus diperhatikan motif atau pola pengecatannya. Tidak hanya sekadar polos, tapi juga dapat dikreasikan ke dalam bentuk-bentuk yang lebih inovatif. Perlu diperhatikan agar jangan terlalu berlebihan dalam berinovasi. Lagi-lagi kesan norak dan sumpek ditakutkan karena terlalu banyak berinovasi. Jadi pilihlah motif yang minimalis namun berkesan exist. Saran saya, untuk ruangan yang sempit pilih motif garis dengan tebal 15 cm lalu tarik horisontal membagi dua atau 1/3 dari warna dasar. Bisa juga menambahkan warna lain untuk batas-batas lokasi tertentu, seperti backround mading.
4. Tata Ruang
Setelah warna dan motif selesai, silahkan memilah barang-barang yang layak untuk menempati sudut ruangan kamar Anda. Jangan memenuhi ruangan kamar dengan barang-barang yang sekiranya tidak terlalu berguna. Lebih baik menempatkannya di luar ruangan. Anda juga bisa memilih alternatif dengan menggunakan kotak/kerdus berbentuk kubus. Ruangan dalamnya bisa digunakan untuk menyimpan barang-barang yang sudah tidak dipakai lagi. Sedangkan sisi atsnya dapat digunakan sebagai wadah menaruh sesuatu.
Kamar Anda tentu dipelngkapi dengan kasur, sebagai alas untuk tidur pastinya. Disarankan agar memilih kasur yang tidak membutuhkan ranjang. Begitupun dengan ukurannya, asalkan sudah bisa memenuhi anggota tubuh itu saja sudah cukup. Bila ingin tampak lebih bersih, silahkan menggunakan tikar lantai yang lembut dengan ukuran yang kecil, agar tidak mahal.
5. Manfaatkan Ruang Kosong
Ruang kosong yang dimaksud adalah dinding kamar Anda. Bisa saja Anda gunakan sebagai rak buku, tentu dengan sistem cantilever. Jadi tidak perlu memakai meja atau alas yang banyak dan memnuhi hampir seluruh ruangan Anda. Alangkah baiknya jika ditempatkan di sudut ruangan. Lalu susun dan letakkan buku dengan rapi sehingga nyaman untuk dipandang.
6. Pelegkap
Sebagai pelengkap dan antisipasi untuk musim kemarau, saya sarankan untuk melengkapi ruangan Anda dengan kipas angin. Karena bagaimanapun, tidak bisa dipungkiri bahwa suatu saat atmosfir ruangan akan terasa panas. Tentu akan merasa tak enak jika ada tamu yang merasa kepanasan ketika memasuki kamar. Kipas angin yang direkomendasikan adalah lebih baik jika yang dapat berdiri sehingga menjangkau seluruh ruangan Anda. Janga memilih kipas anging yang kecil, karena hanya akan menjadi korban monopoli Anda.
Satu hal yang juga tak kalah penting adalah lemari untuk pakaian Anda. Tidak perlu memilih lemari yang besar, tetapi cukup dengan lemari satu ruas vertikal dengan jumlah rak 3-4. Dengan demikian tidak banyak ruangan yang digunakana hanya untuk lemari saja. Selebihnya, Anda bisa melengkapi kamar dengan bak sampah, bak cucian, keset dsb.
Ekslusive dari saya kepada Anda agar memelihara hewan peliharaan. Tentu tidak dengan hewan yang susah dalam perwatannya. Tapi pilihlah hewan yang memiliki karakter sebagai penenang jika dalam kesibukan atau kepenatan. Salah satunya adalah ikan. Ikan sangat baik menemani Anda dalam kesendirian, dengan melihatnya berenang dengan tenang di dalam akuarium Anda bisa mengontrol perasaan yang sedng kalut.
Semoga pengalaman pribadi ini bisa bermanfaat…!
Selamat mencoba…!

No comments

PILIH PLATFORM KOMENTAR DENGAN MENG-KLIK BLOGGER,DISQUS ATAU FACEBOOK

Powered by Blogger.