inilah daftar ponsel yang berbahaya untuk otak

Environmental Working Group (EWG), sebuah lembaga riset yang fokus terhadap lingkungan telah merilis panduan online terhadap emisi telepon seluler. Mereka juga telah memberikan peringkat sesuai dengan Specific Absorption Rate (SAR), atau indikasi seberapa besar radiasi diserap oleh tubuh ketika ponsel sedang digunakan.

Menurut daftar EWG, Kyocera Jax S1300, Motorola Moto VU204, T-Mobile MyTouch 3G berada di peringkat terbawah untuk keamanan radiasi. Disusul oleh BlackBerry Curve 8330.

Adapun ponsel yang paling aman untuk dipakai oleh penggunanya adalah Samsung Impression dan Motorola Razr V8. Empat model ponsel Samsung lainnya ada di urutan berikutnya sebagai ponsel paling aman.

Ini tentunya mengisyaratkan bahwa radiasi ponsel berbahaya bagi penggunanya. Sebagai informasi, badan kesehatan di Swiss, Jerman, Israel, Perancis, Inggris, dan Finlandia sudah mengeluarkan peringatan untuk membatasi penggunaan ponsel, khususnya bagi anak-anak. 


"Sebenarnya kami ingin mengatakan bahwa ponsel merupakan barang yang aman," kata Olga Naidenko, peneliti senior EWG yang mengepalai penelitian, seperti VIVAnews kutip dari About, 14 September 2009. "Tetapi sayangnya kami tidak bisa. Dari penelitian terakhir, meski belum selesai, terdapat permasalahan serius akan risiko kanker dari penggunaan ponsel yang harus ditelusuri melalui penelitian lebih lanjut. Untuk sementara waktu, pengguna bisa mengambil langkah-langkah untuk mereduksi paparan radiasi," ucapnya.

EWG sendiri telah meminta Federal Communications Commision (FCC), badan yang mengurus dan mengatur industri komunikasi di Amerika Serikat untuk memperketat peraturan seputar emisi. Adapun daftar ponsel yang sudah diteliti oleh EWG dapat Anda simak di sini.

No comments

PILIH PLATFORM KOMENTAR DENGAN MENG-KLIK BLOGGER,DISQUS ATAU FACEBOOK

Powered by Blogger.