hal-hal penyebab anda pelupa

Coba sebutkan, hal apa saja yang seringkali membuat Anda lupa. Lupa menaruh kunci? Lupa nama teman atau seseorang yang baru dikenal atau yang sudah sering bertemu? Lupa, saat akan melakukan sesuatu tiba-tiba rencana yang sudah disusun dalam otak Anda sirna begitu saja. Lupa membawa kartu identitas kantor padahal kebiasaan mengenakan id card sudah menjadi rutinitas wajib. Atau lupa di mana Anda terakhir menaruh ponsel?

Coach Tom MC Ifle, dalam bukunya Big Brain, Money: 24 Pikiran Terlarang Yang Akan Membuat Anda Kaya Raya, menjelaskan jika Anda seringkali lupa tandanya ada masalah dengan memori otak Anda.

Tom, yang juga adalah praktisi hipnoterapi menjelaskan, jika kunci hilang misalnya, artinya saat Anda meletakkan kunci tersebut pikiran Anda tidak sedang berada di sana (Anda memikirkan hal lain). Saat itulah otak Anda tidak mendapat perintah untuk mengingat. Alhasil, otak Anda tidak menyimpan di tempat yang seharusnya. Sedangkan, saat Anda memerhatikan sesuatu, namun tetap lupa setelahnya, ini pertanda lain. Gejala ini menunjukkan otak Anda kekurangan jumlah sel pengingat, yang menyebabkan sirkuit saraf mengalami penurunan daya.

"Padahal otak kita mengingat segala hal dengan rinci, bukan hanya ingatan jangka pendek atau panjang," jelas Tom, menambahkan yang perlu dilakukan adalah menajamkan otak Anda dengan mengenali sejumlah pengacau ingatan dan sejumlah cara menyehatkan kembali memori.

Sejumlah hal yang bisa mengacaukan ingatan Anda adalah:
1. Depresi
Depresi menurunkan kadar serotonin dan norepinefrin yang sangat diperlukan otak untuk mengingat.

2. Radikal bebas
Sisa buangan saat tubuh memroses makanan menjadi energi ini memengaruhi memori. Radikal bebas yang disebabkan makanan, gizi buruk, dan polusi lingkungan bisa mengacaukan kerja otak Anda.

3. Obat antikolinergik
Antidepresan trisiklis seperti Elavil, Tofranil, dan Pamelor merupakan antiasetilkolin, artinya menurunkan kadar depresi dengan efek samping. Salah satunya adalah mengacaukan ingatan Anda.

4. Ketamin
Obat bius hewan ini bekerja efektif untuk membunuh rasa sakit pada manusia. Masalahnya, obat ini langsung memengaruhi hipokampus (bagian dari otak besar) dan menghilangkan ingatan. Obat ini juga memengaruhi perjalanan rasa sakit dari sumber ke otak. Obat ini sering disebut special-K dan banyak disalahgunakan.

5. Mariyuana
Komponen aktif pada mariyuana bekerja pada hipokampus mencampuradukkan ingatan dengan cara yang mengacaukan. Menurut National Drug and Research Center University of New South Wales, kerusakan akibat mariyuana dalam jangka panjang mengakibatkan kerusakan parsial antara lain gangguan pemusatan perhatian.

6. Kafein, amfetamin, dan nikotin
Kafein, amfetamin, dan nikotin memproduksi radikal bebas yang juga berbahaya. Biasanya obat yang umum digunakan adalah Ritalin. Cara kerja obat ini mendorong ingatan jangka pendek tapi mengacaukan ingatan jangka panjang.

7. Stres
Saat stres otak melepaskan hormon steroid agar mengembalikan keseimbangan. Cirinya mudah tersinggung, panik, susah tidur.

8. Kurang tidur
Ketika Anda tidur, otak mengubah ingatan jangka pendek menjadi jangka panjang. Proses ini terjadi saat Anda benar-benar tidur nyenyak. Tanpa istirahat yang cukup, hormon penting seperti serotonin, norepinefrin, dan asetilkolin akan menurun.

No comments

PILIH PLATFORM KOMENTAR DENGAN MENG-KLIK BLOGGER,DISQUS ATAU FACEBOOK

Powered by Blogger.