Dinosaurus Sebesar Jerapah Bisa Terbang Antarbenua



  • Peneliti berhasil menemukan seekor dinosaurus seukuran jerapah yang mampu terbang sejauh ribuan mil bahkan lintas benua.
    Headline


    Paleontolog University of Portsmouth Dr Mark Witton, dan Dr Michael Habib dari Chatham University, Amerika Serikat (AS), berhasil menemukan Pterosaurus, sejenis dinosaurus terbang seukuran jerapah yang dapat terbang ribuan mil.
    Dinosaurus itu terbang menggunakan otot kaki dan lengan untuk mendorong dari permukaan tanah, seperti dikutip dari Telegraph. Ilmuwan mengklaim, saat Pterosaurus terbang, dinosaurus ini mampu terbang ribuan mil, bahkan melintasi benua.
    Witton mengatakan, kebanyakan burung terbang diawali dengan berlari terlebih dahulu guna meningkatkan kecepatan. Sebelumnya, teori menyebutkan, “Pterosaurus raksasa terlalu besar dan berat bermanuver selama terbang, namun makhluk ini bukanlah burung, mereka adalah reptil terbang dengan struktur kerangka, sayap dan otot berbeda,” kata Witton.
    “Pterosaurus terbang dengan cara berbeda dari burung kebanyakan”. Penelitian Witton dan Habib diterbitkan di jurnal Public Library of Science. Witton dan Habib menyatakan dengan otot depan di atas 50 kg, membuat dinosaurus ini mudah terbang ke angkasa, meski tubuh mereka berat dan besar.
    Habib menambahkan, selama beberapa dekade, ilmuwan berusaha mengetahui mengapa mahkluk sebesar Pterosaurus bisa terbang. “Pterosaurus terbang menggunakan lengan mereka sebagai pendorong untuk terbang. Hal ini menjelaskan bagaimana Pterosaurus menjadi binatang terbang terbesar yang pernah ada”.
    Menggunakan fosil berusia 65 juta tahun ini, ilmuwan mengestimasi dan mengukur berat serta ukuran tulang dinosaurus ini guna memperkirakan cara terbang pterosaurus.
    “Pterosaurus memiliki struktur tulang terkuat. Tak seperti burung yang sayapnya melemah ketika tumbuh dewasa, Pterosaurus malah bertambah kuat. Ketika dewasa, otot Pterosaurus juga makin bertambah kuat


    Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
     
    DAPATKAN ARTIKEL TERBARU DI FACEBOOK.GABUNG DI KOMUNITAS KITA (BLOGNYA SI JAIT) LAPAK INFO
    FOLLOW JUGA : @LAPAK_INFO