cara dan Tips merawat baterai laptop

12943345201513908105
Ga pengen gambar ini sering muncul di pojok kanan bawah Laptop Anda? Atau Anda ga pengen laptop yang mahal menjadi tidak berharga karena baterai drop???
Nih dia tips-tips sederhana untuk memperpanjang umur dari baterai laptop Anda.
  1. Ketika pertama membeli laptop Anda, isi penuh selama minimal 6 jam. Kemudian gunakan laptop Anda dengan memakai baterai hingga habis. Baru bisa digunakan dengan sebagaimana biasa.
  2. Hindari panas berlebih pada suhu ruangan. Normalnya, laptop berada pada suhu ruang di bawah 25°C agar lebih awet. Karena semakin panas suhu ruang di sekitar laptop Anda, maka akan semakin mengurangi masa hidup baterainya. Diutamakan juga me-load aplikasi yang membuat laptop Anda menjadi panas. Tapi jangan lupa juga, hindari tempat yang terlalu lembab, karena akan menimbulkan pengembunan di dalam casing baterai laptop Anda, dan mungkin juga di laptop Anda juga.
  3. Pergunakan baterai seperlunya. Apabila merasa yakin listrik di tempat Anda “mempekerjakan” laptop Anda tidak bermasalah, maka tidaklah terlalu perlu memakai baterai. Karena baterai mempunyai “charge cycle” yang normalnya adalah sekitar 1000 kali charging time. Maka tak usah malu untuk menyimpan baterai Anda.
  4. Hindari discharge sering penuh karena ini menempatkan beban tambahan pada baterai. Usahakan untuk tidak mempergunakan baterai di bawah level 40%.
  5. Sekali tiap 30 kali full charging, lakukanlah kalibrasi laptop. Caranya, isi penuh baterai hingga 100% dan biarkan laptop dalam keadaan aktif hingga baterainya habis.
  6. Apabila ingin menjalankan laptop Anda dan menginginkan laptop lebih cepat, maka lebih baik laptop Anda dalam keadaan terhubungkan dengan arus listrik. Karena apabila memakai baterai, otomatis laptop dengan “Power Management”-nya akan menurunkan kecepatan hingga 50% tergantung dari setingan pada Power Management.

No comments

PILIH PLATFORM KOMENTAR DENGAN MENG-KLIK

Powered by Blogger.