Manfaat Blog Untuk Blogger

1. Media Aktualisasi Diri
Salah satu kebutuhan manusia adalah to be recognized – untuk di akui kehadiran-nya, untuk di perhatikan. Untuk menunjukan siapa diri-nya. Apa yang dipikirkan-nya, apa yang menjadi perhatia-nya, apa yang menarik untuk-nya, apa yang disenangi-nya, apa yang dibenci-nya, apa pemikiran-nya dan apa yang diinginka-nnya.
Dan blog memapu memfasilitasi hal tersebut, dalam skala jangkauan yang mendunia.
Dengan blog (dan dukungan berbagai web app di world wide web) seseorang kini dapat mengaktualisasikan diri-nya dalam berbagai media (text, image, graphic, video, audio, slide presentasi, dll) yang bisa diakses oleh ’semua orang di penjuru dunia yang terhubung ke jaringan internet’.
2. Personal Branding
Personal Branding atau self positioning – memposisikan diri kamu berdasarkan apa yang dapat kamu lakukan, membuat orang teringat akan kamu ketika mereka dihadapkan terhadap topik tertentu – adalah sesuatu hal yang sangat vital di dunia modern ini. Apa yang kamu ingat ketika mendengar “Bapak Blogger Indonesia”? Enda Nasution! Bayangkan jika seorang potential client berkata “Siapa yang dapat saya hire untuk mengatasi masalah ini” dan yang mereka ingat adalah nama kamu?
Dengan blog – dan strategi yang tepat- kamu dapat memberitahu semua orang di dunia (yang terhubung ke dalam jaringan internet, tentunya) apa keahlian kamu dan mengapa mereka harus mengontak kamu ketika mereka teringat akan satu masalah yang harus di selesaikan.
3. Markas Besar Di Dunia Maya
Begitu banyak tempat bersosialisasi di dunia maya dan sulit untuk memberi tahukan semua-nya kepada orang sekaligus. Blog bisa kamu jadikan markas besar pusat seluruh aktifitas kamu di dunia maya: CV, Online portofolio, link, badge atau widget menuju situs-situs social network yang kamu eksisi *halah*  :D    Facebook, Twitter, Plurk, Digg, LintasBerita, LinkedIn, dll.
4. Media Promosi
Blog ditempatkan di jaringan internet. Dengan strategi yang tepat (SEO+SMM+Other Techniques) kamu bisa mendatangkan para pengguna internet ke blog kamu dan membuatnya membaca apa yang kamu promosikan.
5. Mendapatkan Relasi Baru
Sudah menjadi bawaan-nya bahwa manusia selalu mencari manusia lain yang memiliki ketertarikan sama. Buat blog tentang topik yang kamu minati, dan pengunjung yang memiliki topik yang sama dengan anda pun akan mendatangi kamu. Mereka bisa mengomentari post di blog kamu dan bisa membalas-nya. Terjadi conversation disana, dan membuka peluang untuk terjadinya hubungan kan.
6. Mendapatkan Penghasilan
Well, sudah banyak yang tahu kan? ada dua cara mendapatkan penghasilan dari internet:
* Direct Income – Blog kamu memang menjadi ’sumber uang’ kamu. Kamu update konten dengan entri berkualitas, perbesar tingkat kunjungan visitor ke blog kamu, lakukan monetisasi. Bisa dengan menjual spot banner (tapi sudah tidak terlalu efektif lagi rasanya), Service Pay-Per-Click, Pay-Per-Post, Paid-To-Review, buat review tentang produk yang diafiliasikan, atau mungkin langsung menjual produk di blog kamu. dll.
* Indirect Income – Blog kamu gunakan sebagai media promosi bisnis kamu dan diri kamu. Visitor datang ke blog, terkesima dengan diri kamu dan portofolio kamu, dan mereka mengontak kamu untuk deal bisnis selanjut-nya.
7. Stress Release, Emotion Release
Terkadang kita hanya ingin melampiaskan apa yang kita rasakan. Terkadang kejenuhan dan terkadang kebahagiaan. Lebih mengasyikan lagi jika ada yang merespons apa yang kita rasakan kan? ;) Hey, blog memfasilitasi hal tersebut. Tapi selalu ingat aturan emasnya: Jangan berlebihan. Jangan sampai kasus kehilangan pekerjaan dan kejadian tidak diinginkan lain-nya terjadi karena kamu berlebihan dalam mengekspresikan diri.
8. Media Memberi, Media Sharing
Terkadang kita hanya ingin berbagi apa yang kita ketahui, berbagi kebaikan, berbagi ilmu atau berbagi pengetahuan. Jika yang kamu ingin share kepada orang lain bisa di fasilitasi dengan text, graphic, video, audio, presentasi, dll. Blog bisa memfasilitasi hasrat berbagi kamu.
9. Jurnal Catatan Kehidupan Anda
Catat semua yang kamu rasakan dan publikasikan di blog kamu. Suatu hari di kehidupan kamu kelak, baca kembali apa yang sudah kamu tulis. Kebanyakan orang tertawa ketika membaca apa yang mereka tulis dahulu. Kenangan lama bersemi kembali gitu loh  :)
10. Mendapatkan Feedback Atas Apa Yang Anda Rasakan
Mayoritas blog memiliki fitur komentar di setiap artikel-nya. Hal ini memfasilitasi orang untuk memberi respons terhadap apa yang kamu tulis. Pendapat orang lain merupakan salah hal yang berharga dalam hidup kan?
11. Public Relation Yang Lebih Humanis
Jika kamu bertujuan mempromosikan bisnis atau korporasi -corporate blogging-, salah satu karakteristik blog adalah personal point of view yang menjadikan blog lebih humanis sehingga pengunjung merasa lebih ‘nyaman’.
Itulah sedikit manfaat blog yang saya ketahui, kalo ada yang punya manfaat lain boleh nambahin ..  :D
Share:

Tata Cara Menulis Yang Baik


Kali ini saya ingin membahas tentang tata cara menulis yang baik. Kenapa menulis saja harus menggunakan tata cara segalah? Bukankah tinggal menuliskan semua yang ada dalam pikiran kita saja! Pernyataan di atas memang benar bahwa menulis hanya sekedar mengeluarkan ide dalam pikiran kita saja. Tetapi sekarang coba anda pikirkan baik-baik jika anda menulis sesuatu yang cenderung sekedar menuruti kemauan dan kata hati saja tanpa ada sesuatu yang di dapat oleh si pembaca, maka anda melakukan hal yang sia-sia belaka. Dan yang terjadi selanjutnya adalah pembaca tak akan berminat untuk membaca tulisan anda, dan jika pembaca tak berminat membaca apa yang anda tulis maka anda tak akan mendapatkan umpan balik untuk membenahi kemampuan anda dalam menulis dan itu adalah kemuduran karir anda dalam bidang tulis menulis. Oleh karena itu menulis bukan sekedar menuangkan begitu saja apa yang ada dalam otak kita, dan menulis itu ada caranya sendiri.
Mungkin telah banyak blog atau artikel yang membahas tentang tata cara menulis yang baik, bahkan sekarang banyak bermunculan buku-buku yang membahas teantang dunia kepenulisan. Maka tulisan ini di buat hanya untuk menghangatkan otak kita saja tetang bagaimana menulis yang baik. Bagaimana cara menulis dengan baik, efisien dan efektif. Ada banyak cara yang dapat digunakan seorang untuk bisa menulis. Setiap orang berbeda-beda dan ini hanya sedikit tips dari apa yang telah saya baca pada artikel-artikel sebelumnya.

  1. Menentukan tema atau topik Sebaikanya anda menulis sesuai bidang yang anda kuasai dan anda sukai. Itu akan memudahkan anda dalam mmenentukan tema dari tulisan anda.

  2. Mencari data Lakukanlah semua hal yang diperlukan untuk mendapatkan data yang Anda inginkan, banyak cara untuk mendapatkan data untuk tulisan anda. misalnya dengan membaca, mencatat, observasi, wawancara

  3. Membuat kerangka atau outline Sebaiknya Anda tetap membuat kerangka atau outline supaya tulisan atau cerita Anda memiliki konsistensi dan alur yang baik. Anda akan dengan mudah melihat alur tulisan dengan hanya membaca kerangka.

  4. Mulai menulis. Carilah waktu untuk menulis. Kadang Anda akan banyak mengalami hambatan untuk menulis. Oleh sebab itu dengan menyegerakan menulis mungkin kita bisa mendapatkan solusinya secepatnya dan anda tidak “stuck” di tulisan itu-itu saja.

  5. Mengoreksi hasil tulisan.Jangan langsung mengirimkannya ke penerbit. Simpan terlebih dahulu beberapa waktu dan baca kembali. Revisi kembali apabila terdapat kesalahan, termasuk kesalahan ketik, gramatika, tata bahasa. Jangan segan untuk menulis ulang dengan ide baru yang lebih segar
Untuk lebih mempermudah dalam menulis kita juga bisa menggunakan Diagram Balon atau Bubble Diagram. Diagaram Balon berfungsi sebagai kerangka penulisan, karena biasanya kerangka dibuat dengan bentuk baris tiap baris seperti daftar isi. Kali ini kita bisa mnggunakan Diagram Balon. Tahapnya seperti ini. Saya ambil dari artikel Didik Wijaya.

  1. Pertama kita gambar beberapa buah balon, dan setiap balon tersebut diberi label atau tema kemudian setiap balon di beri deskripsi karakter masing-masing.

  2. Misalnya di dalam 4 buah balon diisikan dengan label hero, heroine, conflict dan RESOLUTION. Kedua label pertama merupakan karakter fiksi tersebut. Kemudian di setiap balon karakter diberikan deskripsi masing-masing karakter.

  3. Tarik garis dari balon karakter menuju konflik kemudian tuliskan di garis tersebut apa kepentingan masing-masing karakter sehingga menjadi konflik. Kemudian buat garis menuju resolusi dan buat alternatif resolusi yang akan terjadi.

  4. Kemudian tuliskan di garis tersebut apa kepentingan masing-masing karakter sehingga menjadi konflik. Kemudian buat garis menuju resolusi dan buat alternatif resolusi yang akan terjadi.

  5. Anda juga dapat menambahkan beberapa karakter lagi, dan dengan cara yang sama membuat masing-masing resolusi dan konflik untuknya.
Share:

BOM VIRUS TUTORIAL


Share:
Powered by Blogger.

Blog Archive