penting buat yang sering merasa mau mati karena jantung berdebar

ane mau share dikit nih gan tentang SERANGAN PANIK / PANIC ATTACKS.

seminggu yang lalu tepatnya hari Kamis tanggal 9-12-2010 waktu ane lagi dikantor tiba-tiba kepala ane pusing banget gan,badan ane juga lemas. ane kira ane kena tekanan darah rendah gitu.
akhirnya hari sabtu ane baru sempat ke dokter n dokter blg ane darah rendah 90/60. ane dikasih obat n vitamin tapi ga ngepek gan.

nah pas minggu sore nya,tiba-tiba badan ane ngerasa ga enak lagi gan,kaya mau mati. badan ane dingin,pucat banget,keringetan,jantung ane berdebar kencang banget sampe dada ane terasa panas dan sesak.
akhirnya kan ane dibawa ke ugd rs p*k sama laki ane gan. nah selama diperjalanan,ane kena macet di depan Pluit Villag* Mall karena banyak angkot nge-tem disitu gan.
hasilnya ane tambah panik n ngerasa hidup ane tinggal beberapa menit lagi karena ane mikir ane ga akan sempat diberi pertolongan.
akhirnya ane selamat gan sampe di UGD RS P*K. sesampainya ane disanaa,ane langsung disuruh tiduran n diperiksa sama dokter jaganya.
ane juga di cek tensi darah,kadar gula,tes darah (ane lupa tes apa aja soalnya banyak banget sih),ane juga di infus gan. pokoknya seru dah tuh di ugd,ga kalah ribetnya sama pasien-pasien UGD pada umumnya.
ternyata gan tensi darah ane normal,kadar gula ane juga normal banget,hasil tes darah juga ga nunjukin penyakit aneh-aneh. ane bersyukur tapi ane jadi tambah panik,kalo bukan gula/darah rendah trus koq ane bisa begini sih dok?
dokternya cuma suruh ane periksa kebagian saraf karena ane dicurigain kena vertigo.akhirnya ane pulang dan cuma dikasih vitamin doank.

nah terus selasa nya ane ngerasain gejala mau mati seperti hari minggu kemarin gan,ane menggigil selama hampir 2jam gan. akhirnya ane putusin untuk nemuin dr. Yuda Taruna SpS di RS P*K.
pas ketemu sama dr. Yuda,ane jelasin tuh gejala yang ane alamin. ane dah takut aja ada sesuatu dikepala ane. akhirnya setelah di tes oleh dr. Yuda,dokternya cuma bilang kalo ane ga kena penyakit yang serius gan.
setelah tanya jawab dengan dr. Yuda tentang apa saja yang ane pikirkan dan beberapa kemungkinan yang menyebabkan ane sakit kepala,keluarlah hasil dari mulut sang dokter.
boleh percaya boleh ngak,derita yang ane alamin waktu ane ngerasain mau mati itu ternyata cuma SERANGAN PANIK yang sering diderita sama beberapa orang yang mungkin terlalu stress dengan pekerjaan/hidup,terlalu cemas memikirkan sesuatu dan ketakutan lainnya.
si dokter juga bilang kalo ane pasti selalu ngerasa mau mati tiba-tiba padahal ga sakit apa-apa. jadi semua gejala-gejala yang mengerikan itu timbul dari kecemasan/kepanikan ane. akhirnya ane dikasih obat penenang untuk malam n obat pusing aja. ane juga disaranin untuk tidak terlalu mikir yang berat-berat n untuk sementara tidak boleh berada ditempat keramaian.

ane juga tadi coba search tentang SERANGAN PANIC atau biasa disebut PANIC ATTACKS.

nih berikut ringkasan dan link nya gan.

semoga berguna.

Serangan Panik & Penyakit Panik
DEFINISI

Panik merupakan kecemasan akut yang luar biasa, yang disertai dengan gejala-gejala fisiologis.
Serangan Panik atau Panic attack adalah perasaan teror yang datang menyerang secara tiba-tiba tanpa peringatan.

Gejala-gejala serangan panik timbul secara mendadak tanpa suatu penyebab yang jelas seperti :

- Sesak nafas
- Pusing, limbung atau pingsan
- Palpitasi atau denut jantung bertambah cepat
- Gemetar
- Berkeringat
- Tercekik
- Mual, sakit lambung atau diare
- Merasa tidak nyata, aneh atau terlepas dari lingkungan
- Mati rasa atau kesemutan
- Wajah kemerahan atau menggigil
- Nyeri atau rasa tidak enak di dada
- Takut mati
- Takut menjadi gila atau lepas kendali.

Serangan panik dapat terjadi kapan saja bahkan waktu tidur sekalipun. Umumnya serangan akan memuncak dalam waktu 10 menit, namun beberapa gejala akan berlangsung lebih lama

Serangan panik sering tak terduga atau terjadi tanpa alasan yang jelas, sehingga penderita sering mengantisipasi dan khawatir akan serangan lainnya. Keadaan ini disebut kecemasan antisipator.
Penderita juga menghindari tempat-tempat dimana mereka pernah mengalami serangan panik. Hal ini disebut agorafobia.

Gejala dari serangan panik melibatkan berbagai organ vital, sehingga penderita seringkali khawatir bahwa mereka memiliki masalah kesehatan yang berbahaya.
Serangan panik menimbulkan rasa tidak nyaman, tetapi tidak berbahaya.


Orang-orang sering pergi ke ruang darurat rumah sakit ketika mereka mendapat serangan panik dan tes-tes kedokteran yang luas dapat dilakukan untuk mengesampingkan kondisi-kondisi ini.

No comments

PILIH PLATFORM KOMENTAR DENGAN MENG-KLIK

Powered by Blogger.