Cara-cara Irasional Peserta Tes CPNS



Hal ini terbukti dengan ditemukannya beberapa macam barang yang identik dengan hal mistis, di sekitar area Gedung Olah Raga (GOR) Ki Mageti Magetan, yang menjadi salah satu lokasi tes tulis CPNS pemerintah kabupaten setempat, Minggu.

"Ada beberapa barang yang tidak lazim berada di sekitar GOR Ki Mageti. Seperti ada sebaran garam, kemenyan (dupa), dan beberapa butir kacang hijau di pintu masuk bagian utara GOR ki Mageti," ujar salah satu warga Magetan, Sunarto, setelah tes tulis berlangsung.

Tidak hanya itu, juga ditemukan sebungkus aneka kembang yang diletakkan di pintu masuk GOR bagian timur. Sejumlah warga dan petugas keamanan GOR hanya bisa tersenyum melihat pemandangan tersebut.

Warga menilai, persaingan ketat antar peserta tes CPNS, minimnya peluang lolos karena rumor jual beli formasi, membuat sebagian menempuh cara tidak masuk akal.

"Itu semua tinggal kepercayaan masing-masing. Yang penting berusaha dan berdoa, urusan nanti diterima atau tidak, biar Allah yang menentukan, " ujar salah satu peserta tes tulis CPNS asal Kabupaten Madiun, Ria Dwi Kurniawati, menanggapi hal ini.

Kepala Bagian Humas dan Protokol Kabupaten Magetan, Muklis, mengatakan, berdasarkan data dari Badan Kepegawaian Daerah (BKD) setempat, tes tulis CPNS di Magetan tahun ini diikuti oleh 6.747 peserta, yang memperebutkan sebanyak 290 formasi.

"Dari 290 formasi yang ditetapkan tersebut meliputi, 97 orang untuk tenaga pendidik, 81 orang tenaga kesehatan, dan 112 orang untuk tenaga teknis," ujar Muklis.

Ia menilai, secara umum pelaksanaan tes tulis CPNS di Magetan dapat berjalan lancar. Pelaksanaan tes juga diawasi langsung oleh Bupati dan jajarannya, anggota DPRD, Kapolres Magetan, AKBP Awie Setiyono, dan LSM setempat.

"Memang peluangnya sangat kecil. Namun, kami berharap agar tahapan setelah tes tulis hingga pengumuman hasil tes mendatang dapat berjalan lancar," kata dia.
(ANT/A038)

No comments

PILIH PLATFORM KOMENTAR DENGAN MENG-KLIK

Powered by Blogger.