tips menjaga warna rambut tetap terjaga

BAGI Anda yang hobi mewarnai rambut, salah satu hal menjengkelkan adalah ketika warna rambut memudar dengan cepat sehingga kehilangan pesonanya. Adakah cara untuk mengakalinya?

Tentu saja ada. Dengan sejumlah teknik berikut ini, Anda dapat menjaga warna cat rambut tetap awet dan tampak menakjubkan seperti saat baru diwarnai.

Rajin mewarnai
Untuk menjaga warna rambut tetap terlihat bagus, Anda perlu mewarnai atau meng-highlight setidaknya setiap enam minggu sekali. Jika Anda menggunakan cat bewarna merah, maka perlu pengecatan lebih sering misalnya empat minggu sekali. Cat rambut merah pudar lebih cepat karena lebih sensitif terhadap deterjen pada shampo dibandingkan warna cat rambut lain.

Clarifying shampoo
Jika Anda menggunakan serum rambut dan produk berbasis silikon, gunakan clarifying shampoo beberpa hari sebelum mewarnai rambut. Tapi, jangan menggunakan shampo tersebut untuk perawatan rambut sehari-hari karena akan memudarkan warna. Menggunakan clarifying shampoo sebelum mewarnai rambut berguna untuk menghilangkan sisa serum dan silikon dari rambut, sehingga cat rambut lebih mudah meresap.

Tunda keramas
Jangan langsung mencuci rambut dengan shampo begitu selesai mewarnai rambut, setidaknya selama 24 jam. Jika rambut sedikit berminyak, cat rambut akan lebih menempel dan tahan lama.

Kurangi keramas
Warna cat rambut akan lebih cepat memudar jika Anda keramas dengan shampo setiap hari. Sebagai alternatif, Anda bisa membilas rambut dengan air dingin setiap pagi dan mengusapkan kondisioner di ujung-ujung rambut jika diperlukan.

Color-enhancing shampoo
Daripada menggunakan shampo biasa, lebih baik gunakan shampo yang sekaligus menawarkan perlindungan terhadap warna cat rambut.

Hindari air panas
Air panas bisa memudarkan warna cat rambut. Jadi, cuci dan bilas rambut menggunakan air dingin saja. Jika tidak tahan keramas dengan air dingin, air suam-suam kuku masih bisa dijadikan alternatif.

Jauhi hairspray
Hairspray melapisi rambut, menjadikan warnanya terlihat kusam dan tidak bercahaya. Batasi penggunaan hairspray dan gel, gunakan hanya untuk acara-acara spesial.

Hindari matahari
Jika Anda berencana menghabiskan waktu cukup panjang di bawah terik matahari, sebaiknya kenakan topi atau scarf. Jika merasa hal itu kurang praktis, gunakan shampo dan kondisioner yang mengandung tabir surya. Apabila kesulitan menemukan produk seperti itu, campurkan 1/2 cangkir air dan satu sendok teh tabir surya ber-SPF 25 dalam sebuah botol semprot. Semprotkan larutan tersebut ke rambut setiap selesai mandi setiap pagi

No comments

PILIH PLATFORM KOMENTAR DENGAN MENG-KLIK BLOGGER,DISQUS ATAU FACEBOOK

Powered by Blogger.