Tips menginap di Hotel biar enggak malu-maluin

Saya pernah bertemu dengan tamu-tamu yang menginap di hotel ,kalo melihat gayanya sih OKB alias orang kaya baru ,terus terang aja kadang kelakuan mereka rada-rada ” norak ” he he he untuk tidak mengatakan kampungan,tapi yang jelas mereka adalah tamu jadi  harus di layani dengan sebaik-baiknya, bagaimana pun sejatinya yang membayar gaji para pekerja hotel adalah tamu.
Saya juga pernah membaca sebuah tulisan gede yang di tempel di ruang makan karyawan. ” memecahkan / merusak barang hotel berarti uang service anda berkurang ”. Jika anda bekerja di hotel anda akan mendapatkan dua kali uang pembayaran. Diawal bulan anda terima gaji dipertengahan bulan uang service pun akan masuk kantong anda.
Bahkan tidak jarang uang service jumlahnya lebih gede dari gaji karena itu jangan heran jika anda menginap di hotel-hotel berbintang apalagi hotel  bintang 5 anda akan di perlakukan begitu istimewa maksudnya tiada lain agar anda merasa puas dengan demikian di harapkan anda akan kembali berkunjung.
Walaupun para staff hotel sudah terlatih untuk ramah kepada setiap tamu tapi ada aja kelakuan tamu-tamu hotel yang bikin dongkol ,tentu saja kita tidak dapat mengatakan bahwa itu 100 % kesalahan tamu bisa saja itu terjadi karena kurangnya informasi.
Dalam tulisan ini saya akan membagikan beberapa tips apa yang seharusnya  kita lakukan saat menginap di hotel ?
Pertama , anda harus pastikan bahwa di kantong anda ada uang atau kartu kredit he he he karena hotel itu bukan tempat gratisan .Seandainya anda mendapat jatah dari kantor anda harus pastikan mana fasilitas hotel yang gratis dan mana fasilitas yang harus bayar lagi.
Karena bisa jadi fasilitas yang anda dapatkan dari kantor itu hanya untuk menginap sedangakan untuk fasilitas lain seperti makan anda harus bayar lagi kecuali sarapan ya ,karena biasanya harga kamar sudah termasuk sarapan pagi satu kali untuk satu orang.
kedua ,anda harus konfirmasikan pemesanan kamar  anda jika anda sudah memesan kamar ,apalagi jika anda bermaksud menginap pada waktu-waktu rame misalnya malam minggu,Dengan konfirmasi itu di harapkan anda lebih yakin lagi kalo pihak hotel sudah menyiapkan kamar untuk anda.
Ketiga , seandainya anda membawa barang-barang yang banyak jangan sungkan-sungkan untuk meminta bantuan petugas hotel untuk membawa barang anda ke kamar tapi jangan lupa untuk memberi tip kepada mereka . he he he . berapa besar tipnya ? terserah anda asal jangan cepek  aja he he he.emangnya pak oga ?
Keempat , Apabila anda juga membawa barang-barang berharga pihak hotel akan menawarkan safety deposit box ,di jamin barang anda akan lebih aman jika di simpan di sana.
Kelima , Di saat masuk kamar petugas akan menunjukan beberapa fasilitas kamar  dan informasi seputar hotel ,misalnya anda dapat sarapan jam 7 pagi atau kalo anda males pergi ke restoran anda dapat menelepon layanan room service.Ada yang lucu tentang room service ini.
Di dekat tempat tidur akan ada telepon beserta nomor-nomor yang bisa di hubungi ,tentu saja nomor room service tertera di sana, ada lho tamu hotel karena kepolosannya menelepon room service minta yang ” aneh -aneh ” . he he he he.biasanya mereka meneponnya tengah malam.
Keenam , Titiplah kunci kamar anda ke front Office jika anda mau keluar hotel ,oh ya anda juga harus tahu check-out time .rata-rata hotel mememilih  jam 12 siang sebagai batas terakhir anda harus keluar kamar.lebih sedikit mungkin dapat di tolerir tapi jika lebihnya lama di khawatirkan anda akan kena ” hukuman ” alias di anggap memperpanjang waktu menginap.
Ketujuh , Enggak ada salahnya anda banyak tanya kepada petugas hotel ,misalnya jika anda melihat fasilitas hotel yang baru pertama kali anda lihat. dari pada sok tahu tapi nantinya berujung malu.Ada lho tamu yang sok tahu mengoperasikan alat-alat fitnes.enggak tahunya malah terpeleset he he he.
Kedelapan , Setiap hotel memiliki standar yang berbeda tergantung jenis bintangnya semakin tinggi bintang maka anda akan mendapatkan pelayanan dan fasilitas yang semakin baik pula.saran saya jangan pelit jika anda menginap di hotel.
Kesembilan , Jika pada saat tengah malam anda lapar jangan khawatir , telepon saja room service ,enggak ada salahnya untuk berpesan kepada petugas agar pesanan makanannya enggak pake lama he he he.
Kesepuluh ,sebelum meninggalkan hotel ada baiknya ada cek kembali semua barang bawaan anda jangan sampai ada yang tertinggal . Seandainya masih ada aja barang anda yang tertinggal jangan khawatir karena di hotel berbintang barang anda akan tetap aman.
karena setiap petugas hotel,biasanya   room boy ,jika mereka  menemukan barang tamu di kamar, mereka akan segera melaporkan dan menyerahkan barang tersebut ke atasan mereka ,oleh sang atasan akan di buatkan laporan lost & Found . jadi segeralah balik ke hotel tempat anda menginap dengan segera jika barang anda ketinggalan. di jamin barang anda masih aman.
Intinya berlakulah yang sopan di manapun kita berada, satu lagi kalo emang enggak ngerti enggak usah malu untuk bertanya kepada petugas hotel , jangan sampai deh gara-gara kepolosan  kita .Akhirnya kita memilih enggak mandi karena bingung ,” kok di kamar mandi hotel enggak ada gayungnya ya ? .”   he he he.
Share:
Powered by Blogger.

Blog Archive