Planet Alien yang Diketahui Kini Sudah 500

Data ini disusun oleh ahli astrobiologi Jean Schneider dari Paris-Meudon Observatory. Planet alien ke 500 itu dilaporkan bersamaan dengan beberapa penemuan objek lain. Planet di luar angkasa itu menjadi salah satu dari empat objek di tata surya yang ditemukan, berdasarkan daftar Schneider. Penemuan ini setelah ditemukan planet HIP 13044 b yang diklaim astronom berasal dari galaksi alien lain.
Semua planet baru yang ditemukan ini lebih kecil dibandingkan Jupiter, sekitar 15 sampai 50% bobot Jupiter dan memiliki jarak dengan Bumi sekitar 58 tahun cahaya hingga 196 tahun cahaya.
Para astronom optimis menemukan planet lain. “Di beberapa sisi, planet ke 500 hanya sekadar penanda,” ujar Jon Jenkins dari Search for Extraterrestrial Intelligence (SETI) yang merupakan pemimpin studi misi Kepler.
Menurutnya yang lebih menarik adalah melihat proses penemuannya yang berubah sepanjang waktu. Varian planet yang ditemukan akan terus bertambah, ujar Jenkins lagi.
Kepler saat ini telah mengidentifikasi lebih dari 700 bintang yang cukup potensial menjadi planet di luar tata surya, tergantung pada pengamatan dan konfirmasi lebih lanjut. Beberapa bintang alien terkadang mencakup lebih dari satu planet. Karenanya, diperkirakan tidak akan lebih dari 20 tahun mendatang untuk menemukan planet luar tata surya ke 1.000.[ito]
Headline
Foto Istimewa

No comments

PILIH PLATFORM KOMENTAR DENGAN MENG-KLIK BLOGGER,DISQUS ATAU FACEBOOK

Powered by Blogger.