mengintip Monumen Heroik dari Kota Pahlawan

Monumen Heroik dari Kota Pahlawan

HARI Pahlawan yang jatuh pada 10 November, Anda yang kebetulan berada di Surabaya bisa mengunjungi salah satu monumen yang lekat dengan peristiwa besar tersebut. Monumen itu bernama Tugu Pahlawan.

Tugu Pahlawan adalah sebuah monumen yang menjadi markah tanah Kota Surabaya. Monumen setinggi 45 meter ini memiliki sisi sebanyak 10 bidang. Karena ketinggiannya, Anda juga dapat dengan mudah menemukannya ketika berada di Surabaya.

Monumen ini berada di tengah-tengah kota, dan di dekat Kantor Gubernur Jawa Timur. Tugu Pahlawan merupakan salah satu ikon Kota Surabaya sebagai Kota Pahlawan.

Di bawah tanah lahan Tugu Pahlawan, Anda juga bisa menemukan sebuah museum yang didedikasikan untuk mengenang jasa-jasa para pahlawan yang berjuang di Surabaya, di museum ini juga terdapat foto-foto dokumentasi pembangunan Tugu Pahlawan.

Monumen Tugu Pahlawan menjadi pusat perhatian setiap tanggal 10 November untuk mengenang peristiwa pada 1945 ketika banyak pahlawan yang gugur dalam perang kemerdekaan.

Mengenai sejarah pendiriannya, Tugu Pahlawan dibangun untuk memperingati peristiwa Pertempuran 10 November 1945 di Surabaya. Pertempuran itu terjadi antara arek-arek Suroboyo melawan pasukan Sekutu bersama Belanda yang hendak menjajah kembali Indonesia.

Surabaya terkenal sebagai Kota Pahlawan karena di kota ini terjadi pertempuran yang dahsyat selama berminggu-minggu. Peristiwa itu bermula dari terbunuhnya Brigadir Jenderal Mallaby, (pimpinan tentara Inggris untuk Jawa Timur), pada 30 Oktober 1945.

Singkat cerita, Kematian Mallaby menyebabkan pihak Inggris marah kepada pihak Indonesia dan mengutus seorang pengganti, Mayor Jenderal Eric Carden Robert Mansergh.

Eric Carden kemudian mengeluarkan ultimatum 10 November 1945 untuk meminta pihak Indonesia menyerahkan persenjataan dan menghentikan perlawanan pada tentara AFNEI dan administrasi NICA. Namun, bagi arek-arek Suroboyo hal ini dianggap penghinaan sehingga melatuslah perang terbesar dan terberat dalam sejarah Revolusi Nasional Indonesia.

Dari peristiwa 10 November, kemudian juga muncul salah satu tokoh revolusioner berpengaruh bernama Bung Tomo. Ia adalah sosok yang sangat dihormati pada masa itu juga sebagai salah satu tokoh penting dalam perjalanan sejarah Indonesia

No comments

PILIH PLATFORM KOMENTAR DENGAN MENG-KLIK BLOGGER,DISQUS ATAU FACEBOOK

Powered by Blogger.