gadget-gadget unggulan 2010

Menjelang akhir tahun, beberapa produsen perangkat teknologi terus berupaya menarik pasar untuk mengejar target. Siapa yang menjadi juara? Posisi kelima dipegang oleh kamera Flip UltraHD dari Cisco seharga US$179 (Rp1,6 juta). Produsen berhasil memporeh keuntungan US$590 juta (Rp5,3 triliun) di pasar tahun lalu. Ini semakin menegaskan posisi Flip di pasar video. Perangkat ini ditujukan kepada konsumen pribadi.
September lalu, Cisco memperkenalkan varian yang sama, Mino dan Ultra. Tantangan terbesar adalah mengubah stablisasi gambar dan mengganti fitur 60 gambar per detik menjadi 30 gambar per detik untuk meningkatkan kualitas video.
Fakta bahwa smartphone juga bisa merekam video yang layak sekaligus mengabadikan gambar seperti kamera standar tidak menutup kesempatan Flip. Cisco menjual sekitar 5 juta perangkat, sejauh ini.Peringkat keempat adalah Google TV. Dengan harga lebih dari US$300 (Rp2,7 juta), televisi ini menawarkan internet dan TV dalam satu kesatuan.
Dengan menggunakan set-top box Logitech Revue dan keyboard khusus, Google membawa browser Chrome ke penggunaan TV. Sebagai tonggak sejarah, perangkat ini tidak terlalu buruk meskipun penggunaan internet di TV itu sendiri masih terasa merepotkan.Karena Netflix memblokir layanan maka pemutaran video masih tidak bisa dilakukan.
Namun, menempatkan Internet pada layar terbesar di rumah Anda merupakan perkembangan yang menakjubkan. Meskipun Google belum menyelesaikan masalah dalam pemutaran video mereka, Amazon telah menawarkan pemutaran langsung Video.
Sony juga telah berintegrasi dengan Google TV dalam beberapa varian. Misalnya, Sony Google TV yang berharga US$1.400 (Rp 12,7 juta) seukuran 46 inci tetap menjadi unggulan di Best Buy.
Peringkat ketiga adalah Amazon Kindle seharga US$139 (Rp 1,2 juta) hingga US$189 (Rp 1,7 juta). Amazon memperkenalkan perangkat buku elektronik ini tiga tahun lalu. Versi terbaru yang diperkenalkan Juli kemarin masih menunjukkan posisi keemasan.
iPad milik Apple yang muncul April kemarin diperkirakan akan menarik perhatian para konsumen buku elektronik di tahun ini. Namun, Amazon tetap unggul dengan mempertahankan harga perangkat yang murah.
Sebagai cara bersaing, Amazon juga menawarkan Kindle baru seharga US$139 dengan fitur WiFi dan US$189 dengan versi 3G. Analis Sandeep Aggarwal memperikarakan Amazon mampu menjual 4,8 juta Kindle hingga akhir 2010.
Posisi kedua diambil oleh Microsoft Windows Phone 7 yang memiliki harga sekitar US$ 200 (Rp 1,8 juta) tergantung kesepakatan dengan operator.
Windows 7 adalah sistem operasi yang menggantikan Windows Mobile dan perangkat lunak yang populer di beberapa ponsel baru, tahun ini. Operator AS, AT & T dan T-Mobile meluncurkan penjualan ponsel Windows 7 sebagai cara memenuhi permintaan konsumen. Hari pertama diperkirakan terjual 40 ribu ponsel.
Microsoft sangat ambisius dalam memasarkan Windows 7 untuk berhasil di pasar ponsel mengingat belanja iklan perusahaan untuk perangkat ini diperkirakan sebesar US$100 juta (Rp 910 miliar).
Posisi pertama adalah Apple iPad yang seharga lebih dari US$499 (Rp 4,5 juta). Apple berhasil menjual perangkat yang diperkenalkan bulan April ini sebanyak 2 juta dalam kurun dua bulan. Dalam waktu tiga bulan, 3 juta iPad lainnya terjual. Menurut laporan Apple terbaru, mereka berhasil menjual 7,5 juta iPad.
Analis memperkirakan bahwa Apple berambisi meraih 10 juta penjualan iPad di tahun 2010. Apalagi, perangkat ini diperkirakan menjadi kado utama di akhir tahun. Berdasarkan survei ChangeWave, 80% dari 3.108 koresponden yang ingin membeli komputer tablet memilih untuk membeli iPad.

No comments

PILIH PLATFORM KOMENTAR DENGAN MENG-KLIK BLOGGER,DISQUS ATAU FACEBOOK

Powered by Blogger.