Empat Jurus Penumpang Menghadapi Pesawat “Delay”
Seperti yang terjadi dengan Maskapai Garuda minggu ini, anda jangan pasrah sebagai penumpang dan mau saja disodorkan keberangkatan yang selalu terus di-delay.
Pemerintah telah memberikan 4 jurus kepada calon penumpang pesawat komersial berjadwal yang mengalami keterlambatan penerbangan dari jadwal.
Keterlambatan tersebut didefinisikan pada pasal 1 sebagai keterlambatan karena dengan berbagai faktor penyebab.
Jurus-jurus ini ada dalam Permenhub KM 25 Tahun 2008 Pasal 36 yang intinya memberikan kompensasi bagi penumpang sbb:
A. Terlambat 31 - 90 menit :
- Memberikan snack alias makanan dan minuman ringan.
- Memberikan snack dan..
- Memberikan makanan siang/malam (makan berat)
- Memindahkan penumpang ke jadwal pesawat berikutnya atau…
- Memindahkan penumpang ke maskapai lainnya atau…
- Jika penumpang menolak maka uang ticket harus dikembalikan kembali (refund)
C. Terlambat lebih dari 180 menit :
- Memberikan snack dan..
- Memberikan makanan siang/malam (makan berat)
- Memindahkan penumpang ke jadwal pesawat berikutnya atau…
- Memindahkan penumpang ke maskapai lainnya atau…
- Jika langkah 3 dan 4 tidak memungkinkan (misalkan penerbangan yang terlambat tersebut adalah penerbangan terakhir pada hari itu) maka maskapai harus menyediakan akomodasi untuk penumpang untuk diterbangkan esok harinya.
- Jika penumpang menolak maka uang ticket harus dikembalikan kembali (refund)
- Memindahkan penumpang ke jadwal pesawat berikutnya atau…
- Memindahkan penumpang ke maskapai lainnya atau…
- Jika langkah 3 dan 4 tidak memungkinkan (misalkan penerbangan yang terlambat tersebut adalah penerbangan terakhir pada hari itu) maka maskapai harus menyediakan akomodasi untuk penumpang untuk diterbangkan esok harinya.
- Jika penumpang menolak maka uang ticket harus dikembalikan kembali (refund)
- Pesawat on time apa tidak?
- Jika jawabannya delay, berapa lama?
- Jika jawabannya ragu-ragu atau delay lebih dari 90 menit… maka anda langsung lancarkan “Jurus B” diatas, anda mungkin sedang diburu-buru sampai ditujuan (misalkan: mau menghadiri pemakaman) untuk ditransfer ke maskapai lain yang mungkin 1 jam lagi akan berangkat atau anda minta uang ticket dikembalikan saja/refund…
Semoga dengan posting ini tidak ada lagi cerita di republik ini penumpang pesawat terlantar sampai berjam-jam di Bandara seperti kejadian dengan Garuda minggu ini.
Salam….
No comments
PILIH PLATFORM KOMENTAR DENGAN MENG-KLIK