Peringatan Sumpah Pemuda Dunia Maya

  • Label:


  • Banyak cara memaknai Sumpah Pemuda. Berprestasi di bidang yang digeluti saja sudah merupakan salah satu bentuk pemaknaan. Di saat sekarang ketika hampir kebanyakan anak muda Indonesia sudah sangat melek dunia maya, entah lewat perangkat komputer ataupun ponsel, memaknai hari bersejarah yang jatuh saban 28 Oktober itu bisa melalui internet.
    Karena itulah XL Axiata bakal menggelar ajang ekspresi tentang semangat dan pemahaman nilai Sumpah Pemuda a la dunia maya. Sebuah situs sengaja disiapkan untuk menampung ekspresi tersebut, bernama SoempahPemoeda.org. Selain dapat mengunjungi situs ini, Anda yang mengaku blogger atau penyuka aktivitas citizen journalism (yang biasa disebut netizen) mustinya tak akan menyiakan sarana ini. Atau boleh juga memanfaatkan mikro blog Twitter @indprestasi dengan hashtag #indprestasi atau #satunegri. Kanal lain dapat memarakkan via Facebook.
    "Melalui tiga media tersebut, kami mencoba mengajak seluruh masyarakat untuk turut aktif dalam mengenang Sumpah Pemuda," terang Febriati Nadira, Head of Corporate Communication XL Axiata.
    Pada Twitter, XL menggelar kuis trivia seputar fakta-fakta sejarah maupun informasi seputar momentum sejarah 82 tahun silam itu. Lewat Facebook, operator ini menjajal keinginan buat membangun semangat Sumpah Pemuda. "Kami juga mengajak blogger dan para aktivis gerakan sosial.Keterlibatan blogger dan netizen akan menyebarkan semangat Sumpah Pemuda dengan cepat ke pelosok. Blogger-blogger di daerah juga ikut serta di sini," lanjut Nadira.
    Tak cukup hanya mengadakan aktivitas di internet yang interaktif (2.0), XL pada 28 Oktober menghadirkan pula sejumlah tokoh. Untuk sejarah umpamanya akan hadir Anhar Gonggong, bidang sosiologi datang Imam K. Prasodjo yang kerap bersuara kritis itu, juga terlibat praktisi media sosial Iman Brotoseno. Tak lupa usahawan yang selama ini dikenal dengan dunia showbiz-nya, Adri Soebono. Empat pembicara ini tentu saja akan berdiskusi seru, mengingat banyak hal terabaikan dari semangat para pemuda era 1928 lalu di saat sekarang ini.
    Sembari acara diskui berjalan, Anda bisa berpartisipasi menuliskan catatan pendek di Soempahpemoeda.org dengan tema bagaimana memaknai Sumpah Pemuda di era saat ini. So, tentu saja catatan yang kritis sangat diharapkan. Ramaikan 28 Oktober dengan berbicara lewat dunia maya. XL sediakan salurannya.


    Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
     
    DAPATKAN ARTIKEL TERBARU DI FACEBOOK.GABUNG DI KOMUNITAS KITA (BLOGNYA SI JAIT) LAPAK INFO
    FOLLOW JUGA : @LAPAK_INFO