3 bahaya gula yang wajib kamu ketahui

Gula hampir ada di semua jenis makanan, termasuk nasi yang Anda santap setiap hari. Memang wujudnya bukan gula berbentuk gula pasir, namun zat gula yang merupakan sumber kalori. Karena itu tak heran makin banyak saja penderita diabetes serta obesitas yang berobat setiap hari, sebab akumulasi gula dalam setiap makanan tersebut membuat kadar gula darah meningkat tajam.
Mengurangi asupan makanan berkadar gula tinggi tersebut sangat disarankan, karena sebenarnya gula menyimpan beberapa bahaya yang sering tak disadari. Apa saja bahaya yang dapat ditimbulkan oleh gula? Laman Health Me Upmelansirnya untuk Anda berikut ini:
Menyebabkan adiktif
Mengonsumsi makanan manis ternyata memicu adiktif atau ketagihan. Gula secara perlahan mengubah pola biokimia di otak, yang membuatnya ingin mengonsumsi lagi dan lagi. Hal itulah yang kadang membuat Anda tak sadar makan dalam jumlah berlebih, dan jadi kecanduan.
Banyak macamnya
Gula ternyata bersembunyi dalam banyak wajah. Tak hanya berbentuk gula tebu, gula merah, atau gula sirup, namun gula juga ada di buah, nasi, tepung, bahkan makanan yang bercita rasa asin pun sering mengandung zat gula. Ini yang kadang menipu kita untuk banyak mengonsumsinya.
Gula buah tak selalu aman
Fruktosa adalah bentuk dari gula yang ada di dalam buah-buahan, sayur serta kacang kacangan. Sekilas tampak sehat, namun dalam bentuk fruktosa sekalipun gula dapat menjadi trigliserida atau lemak yang tak boleh berlebihan dikonsumsi.
Jumlah gula ideal atau sehat yang boleh dikonsumsi per hari menurut The American Heart Association dan WHO, adalah 38 gram bagi lelaki serta 25 gram bagi perempuan. Lebih dari itu maka dapat memicu penyakit.
Powered by Blogger.