KEBAIKAN JERUK NIPIS UNTUK KESEHATAN


JERUK NIPIS UNTUK DIET | MANFAAT JERUK NIPIS UNTUK KESEHATAN

Masakan, terutama yang mengandung minyak dan santan, sering menyertakan jeruk nipis dalam penyajiannya. Hal ini dikarenakan air jeruk nipis dapat mengurangi minyak/santan, sehingga tidak terlalu mengganggu di tenggorokan. Selain manfaat tersebut, jeruk nipis juga dapat berguna untuk kesehatan tubuh dan mengatasi sejumlah masalah pada tubuh, baik yang disebabkan oleh penyakit ataupun gangguan tubuh lainnya.
Di dalam jeruk nipis terdapat kandungan unsur-unsur kimia, antara lain vitamin C yang memiliki kandungan paling besar, zat oksidan yang berperan penting dalam mengatasi sejumlah radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh dan yang merugikan kesehatan tubuh.

- Jeruk nipis sebagai obat batuk
Air jeruk nipis, tambahkan kecap sedikit mampu melenyapkan gatal di tenggorokan, batuk dan pilek. Jika diminum 3x sehari akan dapat menjaga kelangsingan tubuh.
- Jeruk nipis dapat membuat suara menjadi merdu
Minum air hangat yang dicampur dengan perasan jeruk nipis setiap pagi, bisa membuat suara menjadi merdu.
- Jeruk nipis sebagai obat pegal-pegal
Untuk mengatasi tegang pada otot tangan, kaki atau bagian tubuh lain dengan cara menggosokkan bagian yang pegal dengan jeruk nipis. Bisa juga dengan merenda bagian yang pegal dalam air hangat yang ditambahkan perasan jeruk nipis.
- Jeruk nipis sebagai obat kompres
Tambahkan air perasan jeruk nipis dengan selembar daun sirih, kemudian tambahkan air hangat. Gunakan bahan ini untuk mengompres panas badan anak.
- Jeruk nipis dapat menghaluskan kulit
Belah buah jeruk menjadi dua, dan gosok pada kulit wajah atau tubuh. Kulit akan lebih halus dan bersih. Menggosok buah jeruk pada kulit mampu memperkecil pori kulit dan mengurangi lemak pada kulit yang berminyak.
- Jeruk nipis untuk menghilangkan bau badan
Campur perasan jeruk nipis dengan sedikit kapur sirih, gosok pada ketiak sebagai sumber bau.
- Jeruk nipis membuat rambut halus dan menghilangkan ketombe
Cuci rambut dengan air hangat yang telah dicampur perasan air jeruk nipis. Rambut akan menjadi lebih halus dan kemilau. Untuk menghilangkan ketombe, gunakan perasaan jeruk nipis pada kulit kepala, biarkan selama 20-30′, kemudian keramas.Itulah beberapa khasiat dan manfaat jeruk nipis. Untuk mendapatkan buah jeruk nipis pun mudah, tak perlu harus mempunyai tanaman sendiri, di pasar tradisional, warung sampai supermarket pun kita bisa mendapatkannya.
Powered by Blogger.